Cek Gerbang Tol Pejagan Brebes, Kapolri: Sudah Banyak Kendaraan Diputar Balik

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 09/Mei/2021 21:07 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Ketua DPR Puan Maharani bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan rombongan saat meninjau GT Pejagan Brebes, Ahad (9/5/2021). (Istimewa) Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Ketua DPR Puan Maharani bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan rombongan saat meninjau GT Pejagan Brebes, Ahad (9/5/2021). (Istimewa)

BREBES (BeritaTrans.com) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau Operasi Ketupat 2021 di Pos Pam Gerbang Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, Ahad (9/5/2021). 

Turut hadir dalam peninjauan, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Baca Juga:
Siap Menyambut Mudik Lebaran, DAMRI Pastikan Armada Bersih Untuk Kenyamanan Pelanggan

Kunjungan tersebut dalam rangka pengecekan dan memantau kesiapan di Pos Pam di wilayah tersebut. Kapolri mengatakan bahwa Operasi Ketupat tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.  

"Dalam kegiatan ini, kita meninjau beberapa pos penyekatan di beberapa titik ini. Kita juga mengecek jumlah laju kendaraan yang masuk ke setiap daerah dan berapa yang sudah dilakukan putar balik," kata Kapolri. 

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Ini Kronologi Penyebabnya!

Dari hasil penyekatan yang dilakukan, kata dia, sudah banyak kendaraan yang diputar balik. Berdasarkan data, dari Jawa Tengah berjumlah 10.000  kendaraan diputar balik. Sedangkan di Jawa Timur ada 2,000-3.000 kendaraan yang diputar balik. 

"Data tersebut berdasarkan jumlah data yang ada. Sedangkan jumlah peminat mudik tahun ini sudah turun menjadi 18 persen. Kemudian dengan adanya himbauan kepada masyarakat dari kami, turun menjadi 11 persen. Hal ini menunjukkan hasil yang positif," katanya. 

Baca Juga:
Sesditjen Hubdat Bersama Komisi V DPR Tinjau Terminal Tipe A Purboyo

Menurutnya, dari data angka penularan Covid-19 dari jumlah 4.000 kini menjadi 6.000. "Ini akan kita jaga terus sampai akhir Lebaran nanti dan seterusnya," ujar jenderal bintang dua ini. 

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani menilai bahwa penyekatan yang dilakukan Polri di beberapa titik di daerah Jawa Tengah dan daerah lainnya sudah sangat bagus. 

"Alhamdullilah kesadaran masyarakat suda dapat tertata dan juga dapat memahami anjuran pemerintah dengan larangan mudik. Saya juga melihat dari udara, semua jalan sedikit lengang tidak seperti tahun kemarin," kata Puan. 

Sedangkan Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan apa yang dilakukan TNI-Polri pada mudik Lebaran tahun ini sangatlah baik dalam penyekatan arus mudik untuk mencegah laju pemudik yang akan mengakibatkan dampak penyebaran Covid-19. 

"Kita berikan apresiasi kepada TNI Polri dalam melakukan tugasnya pada Lebaran tahun ini, sehingga penyebaran Covid-19 turun 5 persen. Namun, saya harapkan jangan kita lengah, harus tetap waspada," katanya.(fh/sumber:iNews)