Viral, Jalan Tol Ini Bisa Bermain Musik

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Mei/2021 07:16 WIB
Ilustrasi jalan tol(PUPR) Ilustrasi jalan tol(PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Beberapa hari lalu, akun media sosial TikTok milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) @bumninfo mengunggah sebuah video yang memperlihatkan jalan tol mengeluarkan bunyi nyanyian. 

Jalan bebas hambatan tersebut diketahui merupakan bagian dari jaringan Tol Trans-Jawa yaitu ruas Ngawi-Kertosono-Kediri. 

Baca Juga:
Jalan Tol PSN Ruas Pekanbaru-Rengat Sepanjang 206 KM Sudah Mulai Konstruksi

Disebut bisa bernyanyi karena ketika pengendara melewati jalan tol tersebut akan mengeluarkan nada. 

Nada tersebut dihasilkan dari marka jalan berupa rumble strip yang dipasang oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yakni PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK). 

Baca Juga:
HK Targetkan Perbaikan Jalan Tol Palindra dan Indraprabu Selesai H-7 Lebaran

Rumble strip ini dipasang di dua lokasi yaitu KM 616 dan KM 644+200 B. 

Nada di Tol Ngawi-Kertosono-Kediri bisa didengar saat pengendara melewati lokasi tersebut dengan kecepatan 80-100 kilometer per jam. 

Baca Juga:
Jalan Tol Sumatra Ruas Bangkinang - Koto Kampar Dipersiapkan Gratis untuk Pemudik

Dalam video tersebut, JNK juga memasang tiga rambu sebagai pengingat bagi pengendara bahwa ada jalan bernada di ruas tol tersebut. 

Tiga rambu ini dipasang di setiap 400 meter, 200 meter, hingga 50 meter sebelum dilewati. 

Mengutip Instagram resmi PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), penggunaan rumble strip ini bertujuan demi menekan kecelakaan lalu lintas (lalin) di jalan tol. 

"Jasa Marga berinovasi dengan menambahkan Singing Road, yakni marka jalan berupa speed trap dengan ketebalan tiga milimeter," tulis akun @official.jasamargatransjawatol dikutip Kompas.com, Selasa (11/05/2021). 

Sebab, nada yang dihasilkan ini dapat mengembalikan fokus pengemudi yang merasa bosan atau mengantuk saat melintasi jalan tol. 

Mengutip laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Ngawi-Kertosono-Kediri merupakan jalan tol bernada pertama di Indonesia. 

Di KM 616 singing road dipasang, hanya terdapat dua nada saja. Sementara di lokasi kedua di  Km 644+200 B (arah Madiun-Solo) terdiri dari enam nada. 

Sehingga, bunyi yang dihasilkan berupa nada "happy birthday to you" atau selamat ulang tahun. 

Rumble strip ini telah dipasang dua pekan sebelum perayaan Natal dua tahun lalu atau jatuh pada 25 Desember 2019. 

Tak hanya menambah fasilitas singing road, JNK juga sudah menyiapkan fasilitas lainnya seperti mobile reader bila terjadi antrean di pintu tol, posko kesehatan, hingga rekayasa gerbang tol (GT) agar tidak terjadi kemacetan. 

Perlu diketahui, Tol Ngawi-Kertosono-Kediri memiliki panjang 87,02 kilometer yang menghubungkan Ngawi dengan Kertosono. 

Jalan tol yang sudah beroperasi sejak Tahun 2018 ini terdiri dari empat seksi yaitu Seksi 1 Ngawi-Madiun sepanjang 20 kilometer dan Seksi 2 Madiun-Caruban memiliki sepanjang 8,45 kilometer. 

Kemudian, Seksi 3 Caruban-Wilangan dengan panjang 21,06 kilometer, serta Seksi 4 Wilangan-Kertosono sepanjang 37,51 kilometer 

Jalan tol ini memiliki peran penting dalam proses distribusi barang dan jasa yang berdampak pada sektor perekonomian di Indonesia, khususnya Pulau Jawa.(fh/sumber:kompascom)