BPSDMP Kemenhub Lantik 16 Lulusan PPI Curug: Mereka Siap Hadapi Era Society 5.0

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Mei/2021 11:18 WIB
Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), M Yugihartiman melantik 16 lulusan Penerbang Angkatan ke-69 di kampus Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Selasa (11/5/2021). Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), M Yugihartiman melantik 16 lulusan Penerbang Angkatan ke-69 di kampus Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Selasa (11/5/2021).

CURUG (BeritaTrans.com) - Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), M Yugihartiman melantik 16 lulusan Penerbang Angkatan ke-69 di kampus Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Selasa (11/5/2021). 

Pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penularan Covid-19. 

Baca Juga:
Kemenhub Usul Formasi ASN Tahun Ini 18.017 Personel

Yugihartiman dalam sambutannya mangatakan transportasi udara merupakan sebuah moda transportasi yang sarat dengan teknologi, dalam hal ini teknologi mutakhir. 

“Tantangan dunia penerbangan yang melekat erat dengan teknologi ini menuntut sebuah lingkungan kegiatan yang taat azas, keteraturan dalam tata laksana kerja yang sangat detil, dan menuntut disiplin yang tinggi tanpa toleransi”, jelas Yugihartiman. 

Baca Juga:
DAMRI Hibahkan Mesin Armada Sebagai Media Praktik Perbengkelan ke SMKN 5 Jakarta

Untuk itu, Yugihartiman berharap SDM penerbangan mampu menguasai teknologi dan mampu memanfaatkan teknologi. 

“Untuk menghadapi persaingan pada era industry 4.0 para wisudawan harus memiliki Hard Competency meliputi penguasaan Ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya, serta soft competency yang meliputi Interpersonal skills dan Intrapersonal skills”, ungkap Yugihartiman. 

Baca Juga:
STIP Jakarta Buka Puasa Bersama Sekaligus Santuni Anak Yatim

Yugihartiman juga menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan melalui BPSDMP berkomitmen untuk menghasilkan SDM transportasi prima, profesional dan beretika agar memiliki daya saing di era revolusi industry 4.0 dan era society 5.0. 

“BPSDMP berkomitmen untuk terus menumbuhkan dan mengembangkan daya inovasi, kreatifitas dan mampu beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi, serta memiliki fokus dan semangat dalam mencapai target agar memberikan layanan yang profesional, efisien dan tepat guna”, jelas Yugihartiman. 

Para wisudawan yang dilantik hari ini telah menyelesaikan pendidikannya baik teori, ground school, praktek simulator dan praktek terbang yang praktek terbang yang terdiri dari empat fase, yaitu fase 1 pre solo, fase 2 Private Pilot License (PPL), fase 3 Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating (IR), dan fase 4 Multi Engine. 

Dalam laporannya, Direktur PPI Curug, Asri Santosa menyebutkan, rincian dari jumlah sebanyak 16 wisudawan Program Non Diploma Penerbang Angkatan ke-69, yaitu 13 orang lulus CPL, IR dan ME, serta tiga orang lulus CPL dan IR. 

“Taruna program Non Diploma Penerbang Angkatan ke-69 yang dinyatakan lulus sebanyak 16 taruna dengan nilai tertinggi 85,75 dan nilai terendah 82,11”, jelas Asri.(fhm/omy)