48 Peserta Lulus Final ITEO 2021 Diasramakan di Kampus STIP

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 20/Mei/2021 12:51 WIB


JAKARTA(BeritaTrans.com) - Sebanyak 48 peserta ajang Transportation English Olympics (ITEO) 2021 diasramakan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Marunda, Jakarta Utara, Kamis-Jumat (20-21 Mei 2021).

Baca Juga:
STIP Jakarta Buka Puasa Bersama Sekaligus Santuni Anak Yatim

Ketua STIP sekalihus Ketua ITEO< 2021, Amiruddin, terjun langsung mengawasi puluhan peserta dari 23 sekolah kedinasan tersebut.  Selain menyerap aspirasi kebutuhan taruna, dia juga selalu mengingatkan peserta untuk menjalankan protokol kesehatan.

"STIP menjadi ketua penyelenggara ITEO. Kami mengasramakan peserta, yang telah lulus final untuk masuk ke grandfinal ITEO,' ungkap mantan Syahbandar Tanjung Priok tersebut, Kamis (20/5/2021). Dia menjelaskan ajang ITEO diikuti 354 peserta dan hanya 48 peserta lulus untuk bertarung di final dan granfinal.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Amiruddin menjelaskan, bahwa tujuan IETO adalah dapat menggali, mengasah kemampuan bahasa Inggris, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mengembangkan hardskill dan softskill dalam berbahasa Inggris. Dan bagi tenaga pengajar di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM) Perhubungan dapat melakukan praktik langsung menjadi Adjudicator.

Dia menjelaskan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, unggul dan kompetitif di bidang transportasi, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) kembali menggelar Indonesian Transportation English Olympics (ITEO). Dan pada tahun 2021 ini yang menjadi tuan rumahnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Baca Juga:
Jelang Ramadhan STIP Jakarta Gelar Tradisi Munggahan dan Silaturahmi

ITEO merupakan perhelatan tahunan dan telah dilaksanakan sejak tahun 2016, dengan tujuan sebagai sarana komunikasi dalam meningkatkan kepercayaan diri pada Taruna guna persaingan di pasar nasional dan internasional. Pada tahun 2020 penyelenggaraan ITEO tidak dapat dilaksanakan karena kondisi pandemi yang terjadi di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia.

Dalam menyikapi hal tersebut dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi maka pada tahun ini penyelenggaraan ITEO akan diselenggarakan secara kombinasi virtual dan tatap muka. Berdasarkan latar belakang sebagaimana tersebut di atas, maka tema pada pelaksanaan ITEO Tahun 2021 adalah "Excellent and Globally Competitive Human Resources in Transportation".

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ITEO Tahun 2021 antara lain :

1. Menggali dan mengasah kemampuan bahasa Inggris Taruna di lingkungan BPSDM Perhubungan;

2. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan daya saing lulusan Taruna di lingkungan BPSDM Perhubungan dengan bahasa Inggris;

3. Mengembangkan hardskill dan softskill Taruna di lingkungan BPSDM Perhubungan dalam berbahasa Inggris;

4. Tenaga pengajar di lingkungan BPSDM Perhubungan dapat melakukan praktik langsung menjadi Adjudicator;

5. Sebagai ajang untuk menjalin silaturahmi dan persaudaraan antar Taruna di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Dan untuk waktu pelaksanaannya akan dilakukan registrasi mulai tanggal 22 hingga 31 Maret mendatang. Untuk acara pembukaan akan dilakukan pada 6 April, sedangkan untuk babak penyisihan dilakukan mulai 6 hingga 30 April mendatang. Dan untuk babak grand final dilakukan pada tanggal 20 hingga 21 Mei mendatang.

Sedangkan untuk cabang - cabang perlombaan yang dipertandingkan pada ITEO Tahun 2021 diselenggarakan secara kombinasi virtual dan tatap muka antara lain :

A. Cabang Debat Bahasa Inggris (debate championship)

B. Cabang Pidato Bahasa Inggris (speech contest)

C. Lomba Bercerita (story telling contest)

D. News Casting

E. Story Writing

F. Scientific Paper

G. English Presentation by PPT

H. Business Pitching

Untuk sasaran dari peserta ITEO Tahun 2021 adalah semua Taruna di bawah naungan BPSDMP Kementerian Perhubungan dibuktikan dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota dan/atau Screenshot Forlap Dikti, dan Surat Perintah Tugas dari Unit Pelaksana Teknis masing-masing.

Sebelumnya, saat membuka Indonesian Transportation English Olympics (ITEO) Tahun 2021, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengingatkan, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Transportasi yang profesional, unggul, dan kompetitif tersebut, pendidikan dan pembelajaran harus berkembang mengikuti dengan perubahan zaman. Di mana, saat ini, pembelajaran tidak hanya berpusat pada kemampuan kognitif, tapi juga mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial. Keterampilan tersebut meliputi 4C, yaitu critical thinking, creativity, collaboration, dan communication

photo

"Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan serta penguasaan berbahasa Inggris sudah menjadi kewajiban semua lini, karenanya saya mengharapkan semua taruna dan taruani sekolah transportasi harus menguasi Bahasa Inggris," kata Menhub saat membuka kegiatan yang bertema “Excellent and Globally Competitive Human Resources In Transportation,” Selasa (6/4).

Dia menambahkan, bahwa saat ini di pasar kerja nasional dan internasional, kebutuhan kompetensi berbahasa Inggris pun terus meningkat, seiring dengan peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang usaha. Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan serta penguasaan berbahasa Inggris sudah menjadi kewajiban dalam proses pembelajaran bagi Taruna dan Taruni Transportasi. 

Karenanya, kata Menhub, dengan diselenggarkan ITEO 2021 dapat dijadikan sarana edukasi untuk terus mengasah dan meningkatkan tidak hanya kemampuan berbahasa asing, namun membentuk SDM transportasi yang  memiliki keterampilan dalam critical thinking, creativity, collaboration, dan communication.

"Melalui kegiatan ITEO ini, kita dapat bersama-sama menyatukan sikap, semangat, tekad dan langkah dalam membiasakan diri, mengasah kemampuan dalam penggunaan Bahasa Inggris. Saya berharap penyelenggaraan ini juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam berkompetisi dengan adil dan menjungjung tinggi sportifitas," kata Menhub. (awe).  

Tags :