Ini Hasil Rapid Test Antigen Polsek Kepulauan Seribu Utara kepada Warga Seusai Kembali Mudik

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 20/Mei/2021 14:25 WIB
Foto:Humas Polres Kepulauan Seribu Foto:Humas Polres Kepulauan Seribu

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sejumlah puluhan warga pemudik yang kembali ke Pulau Seribu dilakukan tes antigen Covid-19 oleh Polres Kepulauan Seribu dan Polsek jajaran nya.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian SIK mengatakan, bahwa pelaksanaan rapid tes antigen gratis pemudik yang telah kembali dilakukan di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Kabupaten Kepulauan Seribu oleh pihak Polres Kepulauan Seribu dan jajaran nya bersama Satgas Covid-19 Kepulauan Seribu.

Baca Juga:
Patroli Malam Polsek Kepulauan Seribu Selatan: Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Pulau Untung Jawa Pasca Pemilu 2024

"Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 seusai libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, semua warga yang melaksanakan mudik dan kembali ke wilayah Kepulauan Seribu harus bebas Covid-19, apalagi wilayah Kepulauan Seribu sejak 16 Mei lalu sudah zero kasus atau zona hijau," tutur Kapolres Eko Wahyu, Kamis (20/05/2021).

Baca Juga:
Sat Binmas Polres Kepulauan Seribu Berikan Penyuluhan Anti Narkoba dan Kenakalan Remaja kepada Siswa SMPN 133 Pulau Pramuka

Sementara Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Asep Romli menerangkan, bahwa untuk wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara kegiatan rapid tes antigen kepada para pemudik yang sudah kembali dilakukan oleh pihaknya bersama Satgas Covid-19 Kecamatan di Posko Antigen Pulau Kelapa, Pulau Harapan dan Pulau Pramuka.

"Kami sudah merapid tes antigen 28 warga yang sudah kembali dari mudik di Posko Antigen Polsek Kepulauan Seribu Utara dimana hasilnya non reaktif semua," terang Asep Romli.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Tidung Sambangi Warga untuk Meningkatkan Kamtibmas Pasca Pemilu 2024

Asep menambahkan, kegiatan layanan rapid tes antigen gratis dilakukan sebagai upaya mendeteksi dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Warga pemudik yang baru tiba di Dermaga Kedatangan dilakukan cek suhu badan selanjutnya dilakukan rapid tes antigen Di Posko Antigen Gratis Poksek Kepulauan Seribu Utara.

Jika ditemukan pemudik dengan hasil rapid tes antigen reaktif maka pihaknya akan melanjutkan dengan Swab Tes PCR di Sudin Kesehatan, sementara warga menunggu hasil tes swab PCR warga melaksanakan isolasi mandiri dirumah nya dengan pengawasan Tim Gabungan Satgas Covid-19.

Pemudik yang telah diketahui hasil PCR nya Positif tanpa gejala (OTG) warga tetap melanjutkan isolasi mandiri nya, namun bila hasilnya positif dengan gejala akan dirujuk ke Rumah Sakit.

"Kita akan terus melakukan rapid tes antigen secara gratis sampai semua warga yang mudik kembali," ujarnya.(ahmad/Humas Res Kep Seribu)