Tes GeNose Kini Hadir Juga di Stasiun Haurgeulis dan Brebes

  • Oleh : Taryani

Kamis, 20/Mei/2021 17:19 WIB
Salah seorang wanita menunjukkan hasil Tes GeNose di Stasiun Brebes. (Ist.) Salah seorang wanita menunjukkan hasil Tes GeNose di Stasiun Brebes. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Mulai hari Kamis (20/5/2021) ini Stasiun Kereta Api Haurgeulis, Kabupaten Indramayu dan Stasiun Kereta Api Brebes, Kabupaten Brebes  sudah bisa melayani Tes GeNose C-19 bagi setiap calon penumpang kereta api jarak jauh dengan biaya Rp 30 ribu.

Dengan hadirnya pelayanan kesehatan itu maka mempermudah calon penumpang kereta api mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19. Surat keterangan bebas Covid-19 itu sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi para calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh.

Layanan Tes GeNose C-19 ini terselenggara atas kerjasama  PT KAI Daop 3 Cirebon dengan PT Farmalab. Mengenai jadwal pelayanannya, di Stasiun Haurgeulis dimulai dari pukul 07:30 WIB hingga 17:00 WIB.

Di Stasiun Brebes dimulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan 17:00 WIB,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto.

Diharapkan kata dia dengan kehadiran Tes GeNose C-19 di dua stasiun kereta api ini, bisa menjadi alternatif lokasi pelayanan para penumpang kereta api  jarak jauh.

Sebelumnya,  telah hadir pula layanan Tes GeNose di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

Nantinya para penumpang bisa memilih layanan GeNose yang terdekat dengan stasiun keberangkatan.  

Dengan adanya penambahan layanan tes itu maka total stasiun di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon pada akhir Mei 2021 tercatat  5 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19.

Lima stasiun itu adalah Stasiun Haurgeulis, Stasiun Brebes, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

"Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 5 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh," katanya.

Ia mengatakan, sebagai salah satu persyaratan protokol kesehatan dalam menggunakan KA jarak jauh, pelanggan KA harus menunjukkan surat keterangan negatif dari Tes GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Layanan pemeriksaan GeNose C19 di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dalam rangka screening Covid-19 pada moda transportasi KA, telah menjadi primadona pilihan para penumpang dalam mendapatkan Surat Keterangan Bebas Covid-19.

"Ini bisa terlihat dari semakin meningkatnya jumlah peserta yang memeriksakan  diri. Guna mengantisipasi peningkatan tersebut, maka dilakukan penambahan layanan Tes GeNose di Stasiun Brebes dan Stasiun Haurgeulis,” ucapnya.

Ditambahkan, tercatat dalam kurun waktu 2 bulan terakhir, 1 Maret 2021-18 Mei 2021, di 3 layanan stasiun wilayah Daop 3 Cirebon yang telah terdapat layanan Tes GeNose dan Rapid Test Antigen.

Jumlah penumpang KA yang telah menggunakan layanan Tes GeNose mencapai 23.223 orang. Sementara yang menggunakan layanan Rapid Test Antigen berjumlah 3.763 orang.

Syarat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Selain itu tidak boleh merokok, makan, minum, kecuali air putih, selama 30 menit sebelum melaksanakan tes. (Taryani)