Bandara Purbalingga Beroperasi Awal Juni, Begini Skenarionya

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 21/Mei/2021 22:39 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com) - Awal Juni nanti penerbangan pertama Bandara Jenderal Besar Soedirman, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah dijadwalkan sudah dapat dilakukan. Meski masih menggunakan 'tenda' sebagai terminal penumpang sementara.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sudah melihat pemasangan tenda roder sementara itu. Saat ini sudah terpasang dengan sarana dan prasarana, perangkat elektronik, juga penataan lingkungan sekitar tenda.

Baca Juga:
Wow, Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga jadi Feeder Perjalanan Jemaah Umrah

"Terminal ini sudah terealisasi, tapi masih membutuhkan pavingisasi dari Angkasa Pura II, mudah-mudahan akhir bulan Ini bisa siap 100% dalam rangka pembukaan penerbangan pertama yang direncanakan pada 1 Juni 2021," jelasnya dalam keterangan resmi, (21/5/2021).

 

Baca Juga:
Hore! Bandara Jenderal Soedirman Buka Lagi Penerbangan Komersial Berjadwal dengan Maskapai Citilink

Seperti yang diketahui tenda roder ini disediakan Pemkab Purbalingga melalui proses lelang dengan harga Rp 628,3 juta. Tenda ini memiliki standardisasi tinggi yang tahan dengan terjangan angin kencang hingga 100 km/jam, dan mampu digunakan dalam jangka waktu lama. Tenda ini juga berdiri di atas lantai beton yang tebal.

Komandan Lanud JB Soedirman Purbalingga, Letkol Nav Marino Adam Darmawan, menyatakan turut mendukung persiapan operasional bandara ini.

"Terkait kesiapan yang perlu kami lakukan tinggal pemindahan obstacle pesawat, kita doakan bersama semoga pembukaan nanti bisa berjalan lancar," jelasnya.

Executive General Manager Bandara JB Soedirman, Catur Sudarmono mengatakan persiapan fasilitas untuk Airlines dan Airnav telah dipersiapkan. Tinggal persiapan dari sisi infrastruktur pagar dan pemasangan paving jalan.

"Kemarin sempat terkendala pemasangan paving karena produksi paving tidak bisa dalam waktu terlalu cepat, karena ini standar khusus," jelasnya.

Terkait pengoperasian sudah dipastikan melalui hasil tim rapat pengoperasian bandara di kantor pusat sebelumnya. Artinya persiapan administrasi dokumen, Sertifikat bandar udara (SBU) sudah terbit.

"Tinggal penyelesaian teknis dan fisik di lapangan saja, administrasi antara airlines dan airnav juga selesai dalam waktu dekat dengan teman TNI," jelas Catur

Ia mengonfirmasi Airlines yang akan melakukan penerbangan perdana di bandara ini adalah Citilink. Dengan rute Jakarta - Purbalingga, melalui Bandara Halim Perdanakusuma - JB Soedirman.

"Yang lain belum ada informasi secara pasti yang bisa kami sampaikan," jelasnya.

(lia/sumber:cnbcindonesia.com)