Kemenhub Tes Covid-19 Acak di Terminal Bus Alang-Alang Lebar Palembang

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 22/Mei/2021 17:03 WIB
Menhub dan rombongan di Terminal Alang-alang Besar Palembang Menhub dan rombongan di Terminal Alang-alang Besar Palembang

PALEMBANG (BeritaTrans.com) - Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di sejumlah Provinsi di Sumatera termasuk di Sumatera Selatan, Kementerian Perhubungan mengintensifkan tes Covid-19 secara acak (random) di Terminal Tipe A Alang-Alang Lebar Palembang.

“Kita tahu di Palembang sempat ada kenaikan kasus, namun sekarang sudah mulai turun. Dengan kita intensifkan random test, maka akan ada kehati-hatian dari masyarakat. Jika mereka tidak sehat, maka tidak bisa melanjutkan perjalanan. Saya mohon bantuan dari Ketua Satgas Covid-19 dan Gubernur agar pengecekan bisa dilakukan dengan konsisten,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Palembang, Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

Dia berharap, dengan mengintensifkan pengecekan, angka penyebaran Covid-19 di Palembang dapat ditekan dan Palembang menjadi contoh baik bagi kota-kota lain di Indonesia.

Sebagaimana diatur di  Addendum Satgas Covid Nomor 13 dan Permenhub Nomor 13, dilakukan tes Covid-19 secara acak (PCR/Rapid Antigen/GeNose) kepada para pelaku perjalanan di simpul-simpul transportasi darat. 

Baca Juga:
Posko Terpadu Angkutan Lebaran Resmi Ditutup, Ada 242 Juta Pergerakan

Untuk itu, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menyelenggarakan random tes rapid antigen di Terminal Bus Tipe A Alang-Alang Lebar secara gratis kepada para penumpang dan juga pengemudi serta awak bus.

Terminal Bus Alang-Alang Palembang merupakan salah satu simpul transportasi utama di Palembang, yang melayani penumpang bus ke berbagai provinsi lain, baik di dalam maupun di luar Sumatera.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Hal ini dilakukan, mengantisipasi adanya lonjakan pergerakan usai Lebaran (arus balik), serta untuk mengantisipasi adanya peningkatan kasus positif Covid-19 yang signifikan di hampir seluruh provinsi di Pulau Sumatera. 

"Melalui pengecekan secara intensif di simpul-simpul transportasi darat, diharapkan masyarakat yang melakukan perjalanan melalui transportasi darat dalam kondisi bebas Covid-19 dan tidak membawa virus ke daerah-daerah lain," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut angka kasus di Palembang beberapa waktu lalu sempat meningkat drastis hingga Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tinggkat keterisian tempat tidur di Rumah Sakit mencapai 60%, kini sudah turun di angka 46%.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan apresiasi kepada Kemenhub dan Satgas Penanganan Covid-19 yang telah menyelenggarakan tes Rapid Antigen di Terminal Bus Alang-Alang Lebar dalam upaya bersama untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia. (omy)