Lantik 100 Perwira Poltekpel Barombong, DR Umar Aris Minta Lulusan Ubah Tantangan jadi Peluang

  • Oleh : Naomy

Selasa, 25/Mei/2021 18:17 WIB
Pelantikan Perwira Poltekpel Barombong Pelantikan Perwira Poltekpel Barombong

MAKASSAR (BeritaTrans.com) -  Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong lantik 100 Perwira Pelayaran Niaga Lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat III dan IV Pembentukan.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Upacara Pelantikan ini dipimpin oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan, DR Umar Aris di Lapangan Upacara Kampus Poltekpel Barombong, Rabu (25/5/2021), dengan mengacu pada protokol kesehatan secara ketat.

Umar menyampaikan, sebagai perwira pelayaran, baik di daerah pelayaran Near Coastal dan Sea Going Services harus memiliki keunggulan daya saing, sebagai kekuatan kunci dalam memenangkan dan merebut pasar global. 

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

"Para perwira pelayaran harus memiliki Kemampuan beradaptasi terhadap kemajuan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang pelayaran yang saat ini berkembang sangat pesat," tuturnya.

Dengan begitu, nantinya mampu meningkatkan karir pada kapal-kapal yang berukuran lebih besar, pada daerah pelayaran tidak terbatas dan dengan teknologi yang terus menerus termutakhirkan.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dia menyoroti kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Di mana tantangan ini tidak boleh menyurutkan semangat dan kemampuan diri dalam bekerja dan berkarir di bidang Pelayaran.

"Situasi Covid-19 harus disikapi sebagai pemacu disiplin diri dan pemacu karakter kepemimpinan untuk memenangkan tantangan di bidang pelayaran, sebagaimana slogan semangat kita “Challanges are Opportunities," pesan Umar.

Menutup sambutannya, Umar menyampaikan selamat kepada para perwira Pelayaran yang dilantik hari ini dan apresiasi kepada Direktur dan Civitas Akademika Politeknik Pelayaran Barombong yang telah bekerja keras, sehingga berhasil melaksanakan program diklat kepelautan yang hari ini melaksanakan upacara pelantikan perwira pelayaran dengan  mengusung tema kegiatan “We are Proud to Present Great Seafarers”.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Poltekpel Barombong, Capt. Sugiyono melaporkan bahwa pada Upacara Pelantikan kali ini diikuti Perwira Pelayaran Niaga dari Program Diklat Pembentukan Kompetensi Nautika dan Teknika dengan rincian.

Lulusan Diklat Pelaut tingkat III Pembentukan Kompetensi Jurusan Nautika sebanyak 39 orang.

Perwira Diklat Pelaut tingkat III Pembentukan Kompetensi Jurusan Teknika sebanyak 40 orang, Diklat Pelaut tingkat IV Pembentukan Kompetensi Jurusan Nautika sebanyak 12 orang.

Terakhir lulusan dari program Diklat Pelaut tingkat IV Pembentukan Kompetensi Jurusan Teknika sebanyak 9 orang.

“Kami Civitas Akademika Politeknik Pelayaran Barombong berharap para Perwira Pelayaran transportasi Laut yang baru dilantik ini dapat memberi manfaat bagi kemajuan pelayanan sektor transportasi laut serta mampu bersaing dengan dunia kerja Internasional dengan mengembangkan kreativitas dan adaptif dengan perkembangan teknologi dimasa yang akan datang," ungkap Sugiyono. (omy)