Pesawat Tempur Generasi Terbaru F-16 Block 72 Buatan AS Dinilai Cocok Dimiliki TNI AU

  • Oleh : Dirham

Kamis, 27/Mei/2021 14:08 WIB
Pesawat tempur F-16 Block 72 buatan AS. Pesawat tempur F-16 Block 72 buatan AS.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Lockheed Martin yang merupakan produsen pesawat dari Amerika Serikat memperkenalkan generasi terbaru pesawat tempur F-16 Block 72.

Penjelasan pesawat F-16 generasi terbaru itu disampaikan kepada sejumlah awak jurnalis di Indonesia secara virtual Media Roundtable Zoom Meeting, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga:
6 Pesawat Tempur F-16 Milik Amerika Serikat Latihan Bareng TNI AU di Pekanbaru Riau

Business Development Director F-16, Mike Kelley dalam pertemuan virtual tersebut menyampaikan, pesawat tempur F-16 Blok 72 generasi terbaru ini memiliki teknologi persenjataan terbaru.

"Seluruh teknologi terbaru di pesawat tempur F-16 Blok 72 sudah disetujui dapat digunakan oleh Indonesia. Termasuk teknologi radar terbaru. Akan ada support, upgrade untuk beberapa dekade ke depan," ujar Mike Kelley.

Menurutnya, jika TNI Aangkatan Udara (AU) berencana memperbaharui penguatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) tempurnya, F-16 Blok 72 merupakan pilihan yang tepat.

"Pesawat dengan generasi ini memiliki perubahan yang cukup signifikan dan dengan biaya yang selektif dengan ekosistem pesawat F-16 yang sudah dimiliki Indonesia sebelumnya," katanya.

Lockheed Martin merupakan produsen pesawat dari Amerika Serikat yang juga telah bekerja sama dengan Angkatan Udara Indonesia selama tiga dekade. Dalam Virtual Roundtable tersebut membahas mengenai spesifikasi pesawat F-16 Block 72, manfaat bagi TNI AU dan bagaimana pesawat unit tersebut dapat membantu meningkatkan pertahanan Indonesia. (ds/sumber iNews.id)