Tingkatkan Kerja Sama Pemenuhan SDM, BPSDMP Terima Kunjungan Pemda Tana Tidung

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 28/Mei/2021 06:08 WIB
Kerja sama BPSDMP dan Kab. Tana Tidung Kerja sama BPSDMP dan Kab. Tana Tidung


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dalam rangka peningkatan kerja sama pemenuhan kebutuhan SDM transportasi di kabupaten Tana Tidung, Plt Kepala BPSDMP, Zulfikri menerima kunjungan Bupati Tana Tidung, Kalimantan Utara Ibrahim Ali, di Ruang Majapahit Kementerian Perhubungan, Kamis (27/5/2021).

Zulfikri menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan Bupati Tana Tidung yang telah percaya bekerjasama dengan BPSDMP dalam rangka pemenuhan kebutuhan SDM bidang transportasi di daerahnya.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

“Semoga dengan diadakannya audiensi ini dapat menghasilkan rumusan baru atau kerja sama lebih lanjut antara BPSDMP dengan Pemerintah Daerah Tana Tidung dalam memenuhi kebutuhan SDM transportasi tidak hanya pada transportasi darat, namun juga pada sub sektor transportasi laut dan udara”, ucap Zulfikri.

Dia mengungkapkan, sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Politeknik Transportasi darat Indonesia (PTDI) – STTD Bekasi dengan Pemerintah Daerah Tana Tidung pada 20 Februari 2020 lalu untuk pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi. 

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Ruang lingkup dari kesepakatan bersama yang telah dilaksanakan sebelumnya antara lain adalah bidang pendidikan, bidang penelitian, bidang pengembangan, bidang pengabdian kepada masyarakat, dan bidang pengembangan potensi daerah.

“Jangka waktu dari kesepakatan bersama yang telah disepakati sebelumnya selama lima tahun dan akan berakhir pada tahun 2025 mendatang”, tambah Zulfikri.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Selanjutnya, dengan adanya perubahan nomenklatur pada salah satu program studi yakni DIII Teknologi Otomotif menjadi Teknik Rekayasa Otomotif Sarjana Terapan dan rencana penyelenggaraan Program Studi S2 Terapan pada PTDI – STTD Bekasi, maka nantinya Perjanjian Kerja Sama yang telah dilaksanakan antara kedua belah pihak akan dilakukan perbaikan. 

"Pertemuan ini sangat penting untuk mengidentifikasi sekaligus menginventarisir area kerja sama yang lebih luas," imbuh Zulfikri. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada BPSDMP yang telah menerima dan menyambut baik kunjungan ini.

Kebutuhan SDM transportasi darat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Tana Tidung berdasarkan perjanjian kerja sama antara lain lulusan Program Studi Transportasi Darat Sarjana Terapan, Diploma III Manajemen Transportasi Jalan dan Diploma III Teknologi Otomotif.

“Kami berharap semoga kebutuhan SDM bidang transportasi darat di Kabupaten Tana Tidung dapat terpenuhi sesuai kebutuhan dan dapat berkembang lebih lagi untuk memenuhan kebutuhan SDM transportasi laut dan udara," ungkap Ibrahim. (omy)