Profil Singkat Manajemen Baru Telkom Pilihan Erick Thohir

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 28/Mei/2021 23:22 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak manajemen, khususnya jajaran komisaris di PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Mereka yang dipilih memiliki latar belakang sebagai ekonom, politisi, pakar teknologi informasi (IT), hingga musisi. 

 

Baca Juga:
BUMN Stok Beras Impor untuk Kebutuhan Idul Fitri dan Ramadhan

Pengangkatan dewan komisaris dan satu direktur Telkom itu berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2020 yang digelar pada Jumat (28/5/202). Nah, berikut ini profil singkat nama baru dewan Komisaris dan direksi Telkom Indonesia yang dirangkum MNC Portal Indonesia: 

Bambang Brodjonegoro

Baca Juga:
Tempo Minta Maaf pada Publik atas Konten Terkait Erick Thohir

Bambang ditunjuk sebagai Komisaris Utama Telkom, menggantikan  Rhenald Kasali. Bambang sendiri merupakan mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan diamanahkan menjadi Komisaris Utama Bukalapak. Sebelumnya, dia pernah menjadi Menteri Keuangan periode 2014-2016 di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Dari sisi akademik, dia menyelesaikan pendidikan formal tingkat Strata 1 di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (UI) pada 1990. Konsentrasi bidang studi yang ditekuni adalah Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Regional. 

Baca Juga:
KemenBUMN Bersama Jasa Raharja Mendukung Kegiatan Olahraga Nasional

 

Setahun setelahnya, Bambang melanjutkan pendidikan tingkat magister (1991-1993) di University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat, sekaligus melanjutkan program doktoral di universitas yang sama hingga 1995.

Abdi Negara Nurdin

Abdi Negara Nurdin atau lebih dikenal sebagai Abdee Slank mengisi posisi komisaris Independen emiten telekomunikasi pelat merah tersebut. Nama Abdee terbilang baru di dunia birokrasi pemerintahan, hal ini berbeda dengan dunia musik, di mana namanya cukup dikenal luas di Tanah Air. 

Dia adalah pemain gitaris dari band Slank. Dalam menjalankan profesinya di dunia hiburan Tanah Air, Abdee banyak menciptakan lagu sekaligus memproduseri beberapa album Slank.

Lelaki kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah itu mengawali karier musiknya dengan bergabung du sejumlah band Tanah Air. Misalnya, Flash, Interview, dan Enemest. 

Di luar musik, Abdee menjadi pendukung dan relawan Joko Widodo sejak Pemilu 2014. Bahkan sempat disebut-sebut menjadi salah satu pilihan Jokowi untuk memegang sebuah jabatan di bidang industri kreatif.

Isa Rachmatawarta

Isa Rachmatawarta ditunjuk sebagai Komisaris Telkom. Dia diketahui menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dan menjabat sebagai Komisaris di PT Pertamina (Persero). 

Sebagai pelaku ekonomi Indonesia, Isa banyak berurusan dengan isu-isu jual beli asuransi dan segala peraturannya, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di level global.   

Arya Sinulingga

Selain menjabat Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, kini didapuk sebagai Komisaris Telkom. Sebelumnya Arya pernah menjabat sebagai Direktur Pemberitaan di Media Nusantara Citra (MNC Group) dan komisaris MD Entertainment. Dia juga pernah tercatat sebagai Sekretaris Perusahaan MNC Group dan Pemimpin Redaksi RCTI.

Dian Rahmawan

Dian dipercaya pemegang saham untuk mengisi posisi Direktur Wholesale & International Service, menggantikan Bogi Witjaksono. 

Dalam perjalanan kariernya, dia pernah menjabat sebagai Direktur Konsumer Telkom sejak Desember 2014. Kemudian pada 2017, Dian dipercaya memegang Direktur Enterprise Business. 

Dian juga mempunyai pengalaman di dunia bisnis internasional, sebagai CEO Telkom International Hongkong (Ltd.) pada 2011, membuka footprint bisnis Telkom pertama kali di Hongkong pada Maret 2011, dan menyusul Taiwan dan Macau serta menjadikannya sebagai salah satu Subsidiary yang sehat dan tumbuh.

(lia/sumber:inews.id)