Pelni Segera Tambah Mesin Cetak Tiket Mandiri

  • Oleh : Naomy

Selasa, 01/Jun/2021 17:45 WIB
Penumpang Pelni cetak tiket mandiri di Pelabuhan Tanjung Priok )Pelni) Penumpang Pelni cetak tiket mandiri di Pelabuhan Tanjung Priok )Pelni)


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) berenana segera menambah mesin cetak boarding pass tiket kapal secara mandiri (vending machine) pada pelabuhan keberangkatan kapal. 

"Hal tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen Perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kapal Pelni," jelas Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan Opik Taufik di Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Dia menyampaikan, sebagai Perusahaan penerima dana Public Service Obligation_ (PSO), Pelni berkomitmen melaksanakan penugasan yang diberikan Pemerintah dengan sebaik-baiknya. 

"Peningkatan layanan terus dilakukan secara berkelanjutan mulai dari sisi fasilitas di atas kapal hingga sarana penunjang lainnya," ungkapnya. 

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

Opik menerangkan pada awal penggunaan vending machine tahun 2019, Pelni telah menyediakan di tujuh pelabuhan keberangkatan meliputi pelabuhan Tanjung Priok, Surabaya, Semarang, Makassar, Belawan, Bitung, dan Ambon. 

"Hingga tahun 2020, Pelni telah menambah fasilitas vending machine di pelabuhan BauBau, Denpasar, dan Balikpapan. Tahun ini, Perusahaan mengupayakan agar dapat terpasang pada tiga pelabuhan lain seperti di Batam, Tanjung Pinang dan Tanjung Balai Karimun," urai dia. 

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Manajemen mengharapkan, mesin cetak boarding pass tiket kapal mandiri dapat terpasang pada seluruh pelabuhan keberangkatan sehingga dapat memudahkan seluruh pelanggan kapal Pelni. 

Perusahaan berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan. Penumpang tidak lagi harus mendatangi kantor cabang untuk menukarkan tiket tapi kini bisa langsung cetak pada hari H keberangkatan di pelabuhan. 

Selain itu, layanan prima juga tetap dilakukan Perusahaan dalam meningkatkan protokol kesehatan selama berlayar di masa pandemi Covid-19. 

Kru kapal secara rutin melakukan pemeriksaan fasilitas dan sarana yang ada di atas kapal seperti mini gym, seat/kasur penumpang, penyediaan handsanitizer pada sudut-sudut kapal, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan pada ruang-ruang kapal.

"Dalam pelayanan makan selama pelayaran, pengambilan makanan dan minuman saat ini dilakukan secara mandiri oleh penumpang (self service). Makanan juga telah kami kemas dalam kotak sehingga tetap higienis," tutur Opik. 

Dia menambahkan, saat ini 26 kapal penumpang Pelni telah dilengkapi dengan fasilitas GeNose C-19.

"Perusahaan menyediakan fasilitas GeNose sebagai alat screening kesehatan seluruh kru kapal yang bertugas. Namun, alat GeNose C-19 juga dapat dipergunakan untuk melakukan screening penumpang yang tiba-tiba memiliki gejala tertentu dalam pelayaran. Kami juga mengimbau agar para penumpang tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak saat tiba di pelabuhan yang menjadi tanggung jawab otoritas pelabuhan,” tutupnya. (omy)