Padat Karya di Pelabuhan Juwana Digelar 8 Hari

  • Oleh : Naomy

Minggu, 06/Jun/2021 12:02 WIB
Padat karya di UPP Juwana Padat karya di UPP Juwana


JUWANA (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor UPP (Unit Penyelenggara Pelabuhan) Juwana, Jawa Tengah menggar Padat Karya selama  delapan hari berturut-turut dengan melibatkan 40 orang masyarakat sekitar.

Kegiatan padat karya ini dibuka Anggota Komisi V DPR Sudewo, Perwakilan Pemda Setempat, Perwakilan Asosiasi Nelayan, Kepala Desa Bajomulyo, Paguyuban Nelayan Cantrang dan Nelayan Cumi Bajomulyo, serta seluruh unsur maritim Pelabuhan Juwana.

Baca Juga:
Dukung Upaya Pemulihan Ekonomi, Kemenhub Gelar Program Padat Karya di Dumai

Kepala UPP Juwana Juwita Sandy Sary menyebutkan, peserta Padat Karya merupakan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan dan kesulitan ekonomi karena terdampak Pandemi Covid-19.

“Mereka para pelaku usaha kecil, nelayan, pekerja buruh harian yang terkena dampak PHK akibat Pandemi Covid-19,” kata Juwita  di Pelabuhan Juwana, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga:
Libatkan 3.000 orang, ASDP Dukung Program Padat Karya Kapal Perintis melalui TJSL di 18 Cabang

Adapun tujuan dari kegiatan padat karya ini adalah untuk meningkatkan perekonomian bagi keluarga yang membutuhkan, menyerap pengangguran dan memberikan pelayanan kepada pengguna jasa khususnya di pelabuhan Juwana.

Padat Karya kali ini meliputi pemeliharaan dan pengecatan gedung sarana dan prasarana pelabuhan serta kegiatan kebersihan lainnya.

Baca Juga:
Buka Program Padat Karya di Muara Angke, Fahira Idris: Penting untuk Pemulihan Ekonomi

Sementara itu, upah kerja para peserta padat karya ini diberikan secara tunai  kepada masyarakat yang terlibat kegiatan dimaksud.

“Peserta memeroleh upah Rp150.000 per orang per harinya. Semoga dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Juwana,” ujarnya.

Kemenhub menjadi salah satu Kementerian yang memiliki program padat karya. Jenis padat karya di sektor transportasi sendiri terdiri dari pembangunan, pemeliharaan, perbaikan serta pembersihan sarana dan prasarana transportasi.

Anggota Komisi V DPR Sudewo mengapresiasi Padat Karya di Pelabuhan Juwana, sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap rakyatnya.

“Ini merupakan salah satu ikhtiar pemerintah untuk membantu warganya di tengah-tengah kondisi covid 19,” tututrnya.

Saat ini juga tengah digelar di wilayah kerja KSOP Panarukan melibatkan puluhan masyarakat setempat. (omy)