Buana Lintas Lautan: Tarif Sewa Kapal Bakalan Naik Tahun Ini

  • Oleh : Redaksi

Senin, 07/Jun/2021 18:43 WIB
foto:dok/buanalintaslautan foto:dok/buanalintaslautan

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) memasang sikap bullish untuk prospek bisnis perkapalan tahun ini. Optimisme ini sejalan dengan menghangatnya permintaan minyak dunia.

OPEC dalam laporan terbarunya pada Mei lalu bahkan memperkirakan permintaan minyak global akan naik menjadi 99,7 juta barel per hari pada kuartal keempat tahun ini.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MT Kristin Surabaya di Pantai Ampenan, Ini Daftar ABK dan Kapten Kapal yang Dievakuasi

Volume ini lebih besar dibanding permintaan pada kuartal kedua yang mencapai 94,8 juta barel per hari. "Kenaikan permintaan ini tertinggi dalam sejarah," ujar Direktur BULL Kevin Wong, Senin (7/6).

Optimisme pemulihan ekonomi global yang lebih cepat bahkan mendorong OPEC+ meningkatkan produksinya menjadi 1,5 juta barel per hari sampai bulan depan. Selain itu, ada potensi tambahan 2,5 juta barel per hari jika diskusi pencabutan sanksi kepada Iran membuahkan hasil positif.

Baca Juga:
Kapal Tanker Terbakar Saat Perawatan Rutin di Thailand, 8 Pekerja Hilang

Kenaikan volume produksi tersebut bakal mendorong permintaan sewa kapal tanker. Namun, pasokan kapal tetap pada tingkat yang rendah. Secara historis, orderbook untuk kapal tanker baru dibandingkan dengan armada yang ada berada pada level terendah dalam hampir 30 tahun karena kelangkaan dana dan peraturan baru mengenai lingkungan yang mengurangi pasokan. 

Kevin menyebut, sewa armada aframaxes hanya meningkat 1,0% hingga Juni kemarin. Sedang untuk ukuran handy-size pertumbuhannya bahkan lebih kecil yaitu 0,6%. 

Baca Juga:
PT Samudera Indonesia akan Ekspansif Tambah Kapal

"Besarnya mismatch antara permintaan minyak yang berpotensi naik 5,5% dalam dua bulan ke depan dibandingkan dengan armada kapal tanker yang stagnan menciptakan kemungkinan bahwa tarif kapal tanker akan naik dengan kencang dan berkelanjutan," terang Kevin.(amt/sumber:kontan.co.id)

Tags :