Dahsyat Bandara Purbalingga Belum Genap Sebulan Beroperasi, Lion Air Grup Akan Turut Ramaikan Pergerakan Pesawat

  • Oleh : Naomy

Minggu, 13/Jun/2021 18:49 WIB
Pergeeakan pesawat di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah Pergeeakan pesawat di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Dahsyat, Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga belum benap sebulan beroperasi, Lion Air Grup Akan turut ramaikan pergerakan pesawat.

Baca Juga:
Operasional Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup

Ya, ini menjadi contoh yang baik dari semangat kolaborasi lintas instansi dalam menghadirkan bandara baru guna memperkuat konektivitas udara dan mendukung pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat setempat. 

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh stakeholder saling bersinergi untuk tujuan yang sama yakni mendukung perekonomian dan mobilitas masyarakat Jawa Tengah khususnya di bagian barat dan selatan. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

“AP II selaku pengelola Bandara Jenderal Besar Soedirman mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung penuh operasional bandara untuk penerbangan komersial,” ujar Muhammad Awaluddin di Jakarta, Ahad (13/6/2021).

Operasional Bandara Jenderal Besar Soedirman tidak lepas dari peran TNI AU yang berkontribusi lahan di wilayah Lanud Jenderal Besar Soedirman; lalu Pemprov Jawa Tengah yang mendukung pengadaan lahan untuk runway; kemudian Pemkab Purbalingga yang mendukung pembangunan akses jalan darat, pengadaan tanah, rehabilitasi drainase & terminal sementara; serta AirNav Indonesia yang membangun tower navigasi.

Baca Juga:
Dampak Erupsi Gunung Ruang, Operasional Bandara Samratulangi Ditutup Sementara

Begitu juga Pertamina, yang siap menyediakan bahan bakar bagi pesawat; dan AP II yang membangun runway, taxiway, apron, dan operasional bandara. 

"Kolaborasi ini mampu mempercepat produktivitas Bandara Jenderal Besar Soedirman," ungkapnya. 

Lion Air Group melalui Wings Air telah menyatakan akan membuka rute baru yakni Jakarta - Purbalingga - Semarang dan sebaliknya. 

“Pertemuan sudah dilakukan, dan dalam waktu dekat pada akhir Juni 2021 direncanakan Lion Air Group melalui Wings Air akan membuka rute Jakarta - Purbalingga - Semarang dan Semarang - Purbalingga - Jakarta. Kami berterimakasih atas kolaborasi erat seluruh stakeholder sehingga utilisasi dan produktivitas Bandara Jenderal Besar Soedirman terus meningkat, di saat pengembangan bandara masih terus berlanjut,” urainya.

 Dengan bertambahnya rute dari dan Bandara Jenderal Besar Soedirman kami harapkan dapat semakin mendukung aktivitas masyarakat termasuk  mendukung UMKM di Purbalingga dan daerah sekitar.

Sebagai bandara yang baru dibangun dan dalam tahap pengembangan, bandara ini sudah dapat cepat produktif dengan memerhatikan keamanan, keselamatan, pelayanan, melalui pemenuhan berbagai regulasi (security, safety, service through compliance atau 3S+1C). 

Tidak berhenti di sini, stakeholder kini semakin berkolaborasi guna meningkatkan utilisasi dan produktivitas bandara. 

Saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Bandara Jenderal Besar Soedirman Jumat (11/6/2021), Awaluddin menyampaikan rute yang sudah dibuka yakni Jakarta - Purbalingga - Surabaya dan Surabaya - Purbalingga - Jakarta oleh Citilink dengan masing-masing empat pergerakan penerbangan pada Kamis dan Sabtu. 

Awaluddin menuturkan, antusiasme masyarakat cukup tinggi di mana tingkat keterisian penumpang (load factor) untuk rute dari dan ke Jakarta saat baru dibuka mencapai 70%.

"Kini sudah meningkat ke 80%. Sementara untuk rute dari dan ke Surabaya dari sekitar 25% saat baru dibuka, kini meningkat ke sekitar 40%," kata Awaluddin. 

Upaya meningkatkan utilisasi bandara tidak berhenti, dan berkat kolaborasi di antara stakeholder, pada akhir Juni 2021 akan ada penerbangan baru di Bandara Jenderal Besar Soedirman. (omy)