Ditjen Perhubungan Udara Tingkatkan Layanan Angkutan Perintis Penumpang dan Kargo

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 15/Jun/2021 08:59 WIB
Angkutan perintis kargo Angkutan perintis kargo


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara melaksanakan pelayanan angkutan perintis angkutan orang dan kargo untuk wilayah yang ditentukan dari tahun ke tahun.

Baca Juga:
Monitoring Arus Balik Lebaran 2024, Dirjen Perhubungan Udara Apresiasi Semangat Karyawan AirNav

Hal ini guna meningkatkan konektivitas dan mempermudah mobilitas serta mengurangi disparitas harga antara wilayah perkotaan dan pedesaan khususnya antara Indonesia Barat dan Timur.

Setiap tahunnya layanan angkutan baik perintis baik penumpang maupun kargo dilakukan evaluasi. Misalnya saja pada tahun 2017 Ditjen Perhubungan Udara melayani 188 rute. Tahun 2018 meningkat menjadi 214 rute.

Baca Juga:
ICAO Berkunjung ke Jakarta, Bahas Peluang Kerja Sama Bidang Penerbangan Sipil

Selanjutnya pada tahun berikutnya yakni 2019 subsidi angkutan udara perintis melayani 190 rute. Tahun 2020 sebanyak 188 rute dan di tahun 2021 meningkat lagi menjadi 212 rute.

Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto Rahardjo menyampaikan, pada angkutan perintis kargo juga dilakukan evaluasi dan penetapan baru setiap tahunnya.

Baca Juga:
Ditjen Hubud Gelar Mudik Inklusi Ramah Disabilitas

”Pada tahun 2018 sebanyak 44 rute, 2019 melayani 39 rute, 2020 angkut untuk 24 rute, dan di tahun 2021 melayani sebanyak 38 rute angkutan perintis kargo,” jelas Dirjen Novie di Jakarta.

Dari jenis layanan yang eksiting, ada juga sejumlah layanan denngan subsidi pada angkutan kargo. Tahun 2018 subsidi dua rute, tahun berikutnya dua rute. Tahun 2020 satu rute dan di tahun ini sebanyak satu rute.

Pada angkutan perintis penumpang, menurutnya, daya serap pada tahun 2020 seimbang antara nilai DIPA dan realisasi layanan di lapangan. 

Begitu juga pada angkutan perintis kargo yang dana DIPA terserap semua. Daya serap kegiatan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) juga terserap positif.

*Rute Angkutan Perintis Kargo dan Penumpang*

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : KP 244 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara dan Rute Angkutan Udara Perintis Kargo dan Subsidi Angkutan Udara Kargo serta Penyelenggara Subsidi Angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pesawat Udara untuk Angkutan Udara Perintis Kargo, sebagai Pelaksanaan Program Jembatan Udara Tahun Anggaran 2021, inilah rute angkutan udara perintis kargo.

"Pada korwil Tarakan rute yang diterbangkan yakni Tarakan-Long Bawan dua kali seminggu," tutur Dirjen Novie. 

Tarakan-Long Apung satu kali seminggu. Tarakan-Long Sule dan Tarakan-Binuang masing-masing satu kali seminggu.
Selanjutnya di Korwil Masamba, rutenya Masamba-Seko empat kali seminggu dan Masamba-Rampi tiga kali dalam seminggu.
Korwil Timika ada delapan yakni Timika-Beoga (3x seminggu), Timika-Ilaga (5x seminggu), Timika-Kenyam (2x seminggu), Timika- Sinak (3x seminggu). Timika-Jila, Timika-Alama, Timika-Arwanop, dan Timika-Enggolok masing-masing dua kali dalam seminggu.
Di bawah Korwil Tanah Merah, rute kargo perintis yang diterbangkan Tanah Merah-Koroway Batu, Tanah Merah-Manggelum, dan Tanah Merah-Bomakia masing-masing satu kali seminggu.
Selanjutnya Korwil Dekai melayani 11 rute keseluruhannya dari Dekai dengan tujuan antara lain Huluwon, Anggruk, Silimo, Ninia, Pasea, Sobaham, Soba, dan Fanteheik masing-masing seminggu dua penerbangan.

Dekai dengan tujuan Kosarek, Langda, dan Dagi Baru masing-masing terbang satu kali seminggu.

Korwil Oksibil melayani 10 rute dengan tujuan Merauke paling banyak penerbangannya yakni tiga kali seminggu. Sedangkan tujuan Kiwirok, Okbibab, Borne, Bime, Teraplu, Batom, Aboy, Tinibil, dan Okbab melayani satu kali Penerbangan dalam seminggu.

Pada Korwil Timika ada satu rute yang mendapat subsidi angkutan udara kargo yakni Timika-Wamena, yang melayani tiga kali penerbangan seminggu.

"Untuk subsidi angkutan BBM pesawat angkutan kargo diselenggarakan di empat korwil," imbuhnya.

Di antaranya yakni Korwil Masamba 425 drum, Dekai 952 drum, Tanah Merah 255 drum, dan Oksibil 307 drum dengan total 1.939 drum. 

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : KP 243 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara dan Rute Angkutan Udara Perintis untuk 
Penumpang Serta Penyelenggara dan Lokasi Subsidi Angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pesawat Udara untuk Kegiatan Angkutan Udara Perintis Penumpang Tahun Anggaran 2021, rute angkutan udara perintis penumpang berikut ini.

Korwil Sinabang membawahi enam rute yakni Medan-Blangpidie, Medan-Gayo Lues, dan Banda Aceh-Takengkon dengan layanan satu kali seminggu dengan target penumpang masing-masing rute 20 orang.

Banda Aceh-Gayo Lues, Kutacane-Banda Aceh, dan Banda Aceh-Sinabang dengan layanan satu minggu sekali untuk maksimal 24 penumpang.

Korwil Gunung Sitolo melayani sembilan rute di antaranya Gunung Sitoli-Pulau Pulau Batu, Pulau Pulau Batu-Padang dengan target penumpang maksimal 48 dan dua kali seminggu penerbangan.

Padang-Rokot dua kali seminggu dengan 40 penumpang. Pulau Pulau Batu-Sibolga dua kali seminggu dan 48 penumpang. Sinabang-Gunungsitoli target 40 penumpang dalam dua kali penerbangan setiap minggunya.

Sibisa/Parapat-Gunungsitoli (1x seminggu dan 20 penumpang), Bengkulu-Enggano (2x seminggu dan 48 penumpang), Mukomuko-Padang (2x seminggu da 48 penumpang), dan Bengkulu-Mukomuko (2x seminggy dan 48 penumpang).

Korwil Singkep delapan rute yaitu Dabo Singkep-Tanjung Pinang (3xseminggu dan 72 penumpang), Dabo Singkep-TB Karimun (2x seminggu dan 48 penumpang). Dabo Singkep-Pekanbaru (3x seminggu dan 72 penumpang), Jambi-Dabo Singkep (2x seminggu dan 48 penumpang).

Pekanbaru-Tembilahan (1x seminggu dan 24 penumpang), TB Karimun-Pekanbaru (2x seminggu dan 48 penumpang), Tanjung Pinang-Tambelan (2x seminggu dan 40 penumpang), dan Pekanbaru-Pasaman Barat (1x seminggu dan 24 penumpang).

Pada Korwil Kuala Pembuang ada lima layanan perintis penumpang yaknu Palangkaraya-Purukcahu (2x seminggu dan 40 penumpang), Palangkaraya-Kuala Pembuang (1x seminggu dan 20 penumpang), Kuala Pembuang-Banjarmasjn dan Palangkaraya-Muara Teweh masing-masing dua kali seminggu dengan 40 penumpang. Terakhir Kuala Kurun-Banjarmasin satu kali seminggu dengan target 20 penumpang.

Adapun 15 Korwil lainnya yakni Tarakan dengan 16 rute yang rata-rara mengangkut penumpang tiga kali, dua kali, dan satu kali dalam seminggu.

Korwil Samarinda enam rute dengan empat kali, tiga kaoi, dan satu kali per minggu. Korwil Sumenep tiga rute yakni Sumenep-Bawean satu kali seminggu, Surabaya-Bawean enam kali seminggu, dan Sumenep-Pagerungan tiga kali penerbangan dalam seminggu.

Korwil Masamba lima rute, Korwil Waingapu lima rute, Korwil Ternate empat rute, Korwil Langgur 10 rute. Selanjutnya Korwil Sorong enam rute, Korwil Manokwari 12 rute, Korwil Nabire 11 rute, Korwil Elelim 17 rute, Korwik Wamena 16 rute. 

Korwil Timika layani 28 rute perintis, Korwil Merauke 12 rute, Korwil Tanah Merah enam rute, dan Korwil Dekai 23 rute.

"Total pelayanan angkutan perintis penumpang tahun 2021 sebanyak 208 rute di 20 Korwil," ujar Dirjen Novie. 

Menurutnya, Korwil melakukan evaluasi pelaksanaan angkutan udara perintis ini dan setiap enam bulan sekali melaporkan kepada Dirjen Perhubungan Udara.

Direktur Angkutan Udara dan Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan penyelenggaraan angkutan perintis ini.