Penemu Bitcoin Satoshi Nakamoto yang Misterius, Tak Pernah Terlihat Sosoknya

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 17/Jun/2021 09:38 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com) - Ketenaran Bitcoin tak lepas dipengaruhi oleh penemu bitcoin itu sendiri.  Hal ini dilatarbelakangi oleh kerahasiaan yang sampai sekarang belum dapat diketahui siapa penemu awalnya.

Ada banyak versi menyebutkan identitas penemu Bitcoin. versi yang paling populer menyebutkan sosok Satoshi Nakamoto disebut-sebut sebagai orang yang memprakarsai Bitcoin.

 

Diketahui Satoshi Nakamoto sesorang ahli dalam Ilmu Komputer, Ilmu Tulisan Rahasia (Kriptografi) hingga saat ini digadang-gadang sebagai ahli mata uang digital. Nakamoto sendiri diperkirakan lahir pada 1974-1977. Jati diri Nakamoto sendiri merupakan orang asia keturunan nir- Jepang.

Ikhwal kebenaran identitas yang masih misterius, Satoshi Nakamoto menurut beberapa informasi  dianggap sekadar pseudonym sebab sejak 2008 belum ada yang mengaku siapa sosok Satoshi Nakamoto. Pada tahun yang sama pula, Satoshi menyebutkan istilah digital bitcoin dalam sebuah publikasi 9 lembar ‘white paper'. Selang beberapa bulan setelahnya, akhirnya Satoshi berkerja sama dengan pengembang dan pengkoding online merilis software Bitcoin kepada khalayak.  Seiring kepopulerannya Bitcoin, diketahui terlibatnya Satoshi berakhir pada tahun 2010, tepatnya pada Desember.

Pada satu penelitian menjelaskan, bahwa Satoshi pernah mengirim pesan kepada pengembang Bitcoin pada 26 April 2011, namun yang ada di dalamnya kurang jelas. Menurut informasi yang dikutip dari Forbes.com ada beberapa bolak-balik antara Satoshi dan pengembang lain, terutama tentang cara menangani publisitas yang kemudian diterima proyek, salah satu diantaranya  soal masalah teknis. Gavin Andresen, seorang pengembang yang berkolaborasi langsung dengan Satoshi mengambil alih proyek tanpa kehadirannya.

Satoshi secara resmi “berhenti” dari Bitcoin, menghapus namanya dari klaim hak cipta dalam perangkat lunak dan menyerahkan kodenya kepada semua “pengembang Bitcoin.” 

Kerahasian identitas Satoshi Nakamoto menjadi bukti bahwa sosok ini memang ahli dalam ilmu komputer hingga belum ada satu pun yang dapat menguak sosok berpengaruh di balik Bitcoin, penguasaannya terhadap operasi pribadi membuatnya tetap menjadi misterius.

Sebagai informasi lain, walaupun Satoshi Nakmoto dijelaskan sebagai sosok tunggal, pendiri perusahaan Software Antivirus,  John McAfee menyampaikan bahwa sosok Satoshi Nakamoto merupakan sebuah tim terdiri dari 11 orang yang selama 5 tahun berkerja hingga akhirnya muncul apa yang disebut Bitcoin.

(sumber:tempo.co)