Kapal-Kapal Pelra dan Truk-Truk Sibuk Bongkar Muat di Pelabuhan Sunda Kelapa

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 17/Jun/2021 11:43 WIB
foto;BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad foto;BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Sunda Kelapa relatuf normal terpantau pada Rabu (16/6/2021).

Baca Juga:
Kapal Kargo Kebakaran di Pelabuhan Sunda Kelapa Diduga Karena Gesekan Besi

Deretan kapal-kapal tradisional berjejer rapi di dermaga pelabuhan yang tertua di Jakarta. Beberapa kapal sedang melakukan bongkar dan muat barang dan sejumlah pekerja buruh angkut beraktivitas di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Baca Juga:
Target 2 Hari, Bangkai Kapal Kayu yang Terbakar dan Tenggelam di Pelabuhan Sunda Kelapa segera Dievakuasi

Truk-truk pembawa berbagai muatan seperti semen, sembako, pupuk, material besi dan macam lainnya yang akan dibwa ke berbagai daerah di pelosok nusantara.

Kapal-kapal Pelra berlayar ke segala penjuru nusantara seperti Sumatera, Kalimantan, Surabaya, Sulawesi dan lainnya.

Baca Juga:
Terminal Kapal Penumpang Tanjung Priok akan Dipindahkan ke Pelabuhan Sunda Kelapa

Adapun pekerja bongkar muat atau disebut TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) sibuk membuka jaring dan menutup kembali untuk mengangkut muatan dari truk ke dalam lambung kapal tradisonal.

Mereka ikut dan terdaftar dalam Koperasi TKBM Pelabuhan Sunda Kelapa. Memulai pekerjaan dari pukul 07.00 sampai dengan selesainya bongkar muat tersebut.

"Mulai kerja dari jam 07.00 ya sampai selesai, tergantung antrian ada berapa truk yang harus dibongkar muat. Kelompok kami semua ada 15 orang, di luar ada 4 dan di dalam lambung kapal ada 11 orang," tutur Wasa yang istirahat sejenak melepas lelah sambil membersihkan tangan dari semen halus yang menempel.(ahmad)