Dari Bekasi, Rinto Kemudikan Bus Minanga Express Jelajah Jalur Sempit ke Belitang Sumsel

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 18/Jun/2021 17:31 WIB
Pengemudi bus Minanga Express, Rinto sedang menaikkan penumpang dari Terminal Bekasi, Jawa Barat, Jumat (18/6/2021). Pengemudi bus Minanga Express, Rinto sedang menaikkan penumpang dari Terminal Bekasi, Jawa Barat, Jumat (18/6/2021).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Kendarai bus dengan ukuran medium 3/4 bukan tidak memiliki alasan. Jalan yang sempit dan hanya mampu dilalui pas-pasan ukuran mobil kecil dipilih untuk sebagian PO untuk menembus jalan yang sempit. 

Jalan di Sumatera Selatan terutama ke arah tujuan Belitang, Ogan Komering Ulu Timur hanya tersedia dengan bus ukuran medium 3/4. 

Baca Juga:
Dua Koridor Baru Bus Trans Jatim Bakal Beroperasi Tahun ini, Catat Rute dan Waktunya

Salah satu bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang melayani transportasi dengan tujuan Belitang-Jakarta iyalah Minanga Express. 

Pengemudi mengaku perjalanan dari Jakarta atau Bekasi pada pukul 10.00, untuk tiba di Belitang maka bisa sampai pada subuh kesesokan harinya. 

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

"Kita kan dari sini mutar lagi Kalideres dan di mana lagi nanti. Di sana bisa subuhlah sudah sampai," kata pengemudi bus Minanga Express, Rinto saat ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id di Terminal Bekasi, Jumat (18/6/2021). 

Rinto menceritakan, saat ini belum ada bus ukuran besar yang melayani trayek di jalan ke Belitang. Hanya ada bus ukuran medium tiga per empat. 

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

"Bus ke sana yan kayak gini (Medium tiga per empat) semua. Memang jalannya pas-pas dua mobil aja kiri kanan," ceritanya. 

Tidak kalah mewah, bus Minanga Express yang diawaki tiga orang kru tersebut juga ada difasilitasi oleh AC dan terdapat layar TV hiburan dan kursi juga nyaman dan lebar seperti pada bus umumnya. 

Bus juga dikendarai oleh dua orang pengemudi yang akan bekerja secara bergantian dan dibantu oleh satu orang asisten pengemudi atau kenek yang akan menemani perjalanan penumpang. Para kru akan membantu manaikkan dan menurunkan barang bawaan penumpang. 

Situasi penumpang, Rinto mengungkapkan, saat ini ramai dan sepinya tidak bisa ditebak dan diperkirakan. Terlebih saat pandemi dia sangat merasakan lebih menurunnya jumlah penumpang dibandingkan saat sebelum pandemi. 

Bus juga kerap menginap Saat di terminal tujuan.   Seperti saat dijumpai BeritaTrans.com dan Aksi.id, mobil yang diawaki tiga orang tersebut telah perpal di Terminal Kalideres untuk kemudian menjemput penumpang di terminal Bekasi dan kembali lagi ke terminal yang ada di Jabodetabek untuk menaikkan sewa. 

Bus dari arah Jakarta ke Sumatera akan masuk Tol terlebih dahulu sebelum masuki jalur sempit tersebut. 

"Kita masuk tol cuma sampai Terbangi Besar," kata Rinto. 

Dia juga mengungkapkan, bakal ada kenaikan tarif tol tersebut. Namun, pihaknya juga belum mengetahui rencana kedepannya. Dikatakannya semua kebijakan akan ada dari kantor PO. 

Seperti diketahu, tarif Tol Trans Sumatera, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar akan disesuaikan pada 23 Juni 2021. 

Tiket bus Minanga Express tujuan Bekasi-Belitang atau ke Komering ialah Rp300 ribu, penumpang dapat bebas membawa barang bawaan.(fahmi)