Kendarai Bus Sinar Dempo Pagar Alam-Bekasi-Solo, Jaya Hasibuan Taklukkan Jalan di Pinggir Jurang

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 19/Jun/2021 17:31 WIB
Pengemudi bus Sinar Dempo, Jaya Hasibuan saat mengetemkan busnya di Terminal Bekasi, Jumat (18/6/2021). Bus itu tujuan Pagar Alam-Solo. Pengemudi bus Sinar Dempo, Jaya Hasibuan saat mengetemkan busnya di Terminal Bekasi, Jumat (18/6/2021). Bus itu tujuan Pagar Alam-Solo.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Tidak berhenti lama, bus Sinar Dempo Solo akan diberangkatkan kembali Solo, Jawa Tengah. Sebelumnya bus itu mengawali keberangkatan dari Pagar Alam, Sumatera Selatan. 

Setelah menaikkan penumpang dan sejumlah barang bawaan ke bagasi, kru beristirahat sejenak menanti jadwal keberangkatan. Saat itu sudah tidak ada penumpang yang akan naik di bus tersebut. 

Baca Juga:
Dua Koridor Baru Bus Trans Jatim Bakal Beroperasi Tahun ini, Catat Rute dan Waktunya

Bus Sinar Dempo tujuan Pagar Alam-Yogya tersebut dikendarai oleh Jaya Hasibuan. Saat ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id dia tengah makan di sebuah warung di dalam Terminal Bekasi. 

Dengan menggunakan seragam khusus berwarna abu-abu kru tampak gagah termasuk Jaya. 

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

"Saya sudah lima tahun bawa Sinar Dempo," kata pria 33 tahun tersebut. 

Warga Desa Talang Sawah, Pagar Alam tersebut menceritakan awalnya dia menjadi kru bus Sinar Dempo dari tahun 2000. Dia pernah keluar dan akhirnya bergabung lagi hingga sekarang. 

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Bus tujuan Yogyakarta yang dikenadarainya akan mengantarkan penumpang hingga ke Solo. Hal itu dikatakannya saat ini pohak PO sedang memperkenalkan jalur hingga sampai Wonogori. 

Perjalanan bus Sinar Dempo dengan melewati tikungan tajam dan berhadapan dengan jurang yang dalam sudah biasa dia lalui. 

Salah satu tikungan tajam dengan jalan sempit dan terdapat tebing jurang yang dalam yaitu adalah Likuan Endikat di Pagar Alam, Sumatera Selatan. 

Perjalanan dari Pagar Alam menuju Solo akan ditempuh selama dua hari satu malam. 

"Nanti malam kita sampai ke sana," kata bapak dua anak ini, saat ditemui di Terminal Bekasi, Jumat (18/6/2021) siang. 

Rute Yogyakarta-Pagar Alam saat ini masih terjadwal lantaran masih sepinya penumpang. Bus Beroperasional setiap hari Kamis dan Minggu di setiap terminalnya, baik dari Pagar Alam maupun dari Yogya. 

Harga tiket bus Sinar Dempo dari Pagar Alam tujuan Yogyakarta atau Solo dengan kelas bus eksekutif, yaitu antara Rp550 ribu.(fahmi)