Karoseri Delima Jaya Siap Rakit Bus Listrik September 2021

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 22/Jun/2021 16:03 WIB
Bus Listrik Skywell. Foto: Kompas.com. Bus Listrik Skywell. Foto: Kompas.com.

BOGOR (BeritaTrans.com) - Elektrifikasi kendaraan di Indonesia tidak hanya untuk kendaraan pribadi, namun begitu juga untuk kendaraan niaga. Untuk saat ini, bus menjadi kendaraan niaga yang turut melakukan elektrifikasi.

Misalnya saja dengan TransJakartayang melakukan uji coba bus listrik merek BYD pada tahun 2020. Selain itu, berbagai merek bus listrik juga mulai masuk ke Indonesia, misalnya seperti Skywell, Higer, Zhongtong dan lainnya.

Baca Juga:
Busworld SEA 2022 Hadirkan Bus Listrik Ramah Lingkungan

Karoseri Delima Jaya di Bogor berencana untuk menjadi tempat perakitan bus listrik Skywell. Jenis bus yang akan dirakit seperti bus besar bertipe high floor dan bus medium dengan low floor.

Managing Director karoseri Delima Jaya Winston Wiyanta mengatakan, pihaknya sudah ditunjuk sebagai pabrik perakitan untuk merek bus listrik Skywell. Dua produk bus Skywell yang ada saat ini masih didatangkan secara utuh dari China.

Baca Juga:
Yuk! Mengenal Bus Hyundai Asal Korea Selatan yang Mengaspal di Indonesia

“Rencananya dua bulan lagi (awal September) akan mulai produksi. Karena ada perubahan dan request khusus ke principal untuk menyesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia,” kata Winston kepada waratawan, Senin (21/6/2021).

Untuk bus yang lebih dahulu dirakit adalah tipe big bus untuk keperluan bus TransJakarta. Setelah itu, baru bus medium yang direncanakan untuk Metrotrans TransJakarta. Selain merek Skywell, Delima Jaya juga terbuka untuk merek lain yang ingin melakukan kerja sama.

Baca Juga:
Karoseri Tentrem Siap Produksi Bodi Bus Listrik

“Kami terbuka juga untuk merek-merek lain yang perlu pabrik perakitan. Sehingga bea masuk importasinya menjadi lebih murah dan harga jualnya jadi lebih bersaing dengan merek lain,” ucap Winston. (dn/sumber: Kompas.com)