Pemkab Aceh Barat Bantu Puluhan Unit Kapal untuk Kelompok Nelayan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 26/Jun/2021 06:55 WIB
Ilustrasi kapal nelayan.(Ist) Ilustrasi kapal nelayan.(Ist)

MEULABOH (BeritaTrans.com) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2021 ini memastikan akan membantu pengadaan 32 kapal motor dan tanpa motor kepada sejumlah kelompok nelayan di daerah itu, sebagai upaya untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

“Tujuan pengadaan kapal untuk kelompok nelayan ini guna meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan di Aceh Barat,” kata Kepala Bidang Perikanan dan Alat Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat Erfan belum lama ini di Meulaboh.

Baca Juga:
SPSL Jaga Keberlanjutan Lingkungan dan Berdayakan Masyarakat Lewat Program Teman Nelayan

Dikutip BeritaTrans.com dari Antara ada pun jenis bantuan yang diberikan kepada kelompok nelayan tersebut terdiri dari 10 unit kapal motor berkapasitas lima penumpang, serta 20 unit bantuan kapal motor tanpa mesin.

Kemudian tiga unit kapal dengan kapasitas 4 Grosston (GT), kata Erfan.

Baca Juga:
Jawab Nelayan, Menhub Konsolidasi Perbaikan Pelabuhan Perikanan di Lamongan

Menurutnya, total anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah daerah guna membantu pengadaan puluhan kapal motor nelayan tersebut mencapai diatas Rp850 juta.

Nantinya, kata Erfan, bantuan kapal motor tersebut akan digunakan oleh nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan.

Baca Juga:
Diduga Tidak Tahu Batas Wilayah, 2 Kapal Nelayan Aceh Ditangkap di Thailand

“Jadi, bantuan ini tidak digunakan secara perorangan. Akan tetapi, digunakan oleh kelompok nelayan,” katanya menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berharap bantuan kapal yang akan diberikan tersebut, nantinya benar-benar dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pendapatan nelayan guna menambah pendapatan keluarga, serta mampu meningkatkan perekonomian nelayan di daerah itu, tuturnya.(fh/sumber:antara)