14.900 Warga Indramayu Bakal Divaksin, Momentum HUT Ke-75 Bhayangkara

  • Oleh : Taryani

Minggu, 27/Jun/2021 11:38 WIB
Kapolres Indramayu AKBP Hafidh Susilo Herlambang tengah meninjau vaksinasi kegiatan HUT ke-75 Bhayangkara Tahun 2021. (Ist.) Kapolres Indramayu AKBP Hafidh Susilo Herlambang tengah meninjau vaksinasi kegiatan HUT ke-75 Bhayangkara Tahun 2021. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) -  Program vaksinasi massal yang diselenggarakan Polres Indramayu terkait peringatan HUT ke-75 Bhayangkara mendapat respon besar  masyarakat.

Di luar dugaan, ribuan warga mendaftarkan diri divaksin pada Sabtu (26/06/21). Vaksinasi dilakukan serentak di seluruh Puskesmas di Kabupaten Indramayu. Kegiatan itu akan terus berjalan hingga beberapa waktu ke depan.

Besarnya animo masyarakat menunjukkan  bahwa masyarakat telah tumbuh kesadarannya  untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19. Tinggal ditambah konsistensi dalam menerapkan protokol kesehatan seperti jangan kendor memakai masker, mudah-mudahan upaya tersebut membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Bekerja sama dengan Pemkab Indramayu, dan Dandim 0616 Indramayu, momentum HUT ke-75 Bhayangkara dimanfaatkan Polres Indramayu melakukan vaksinasi massal kepada masyarakat Indramayu yang target sebanyak 14.900 warga.

Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh Susilo Herlambang  mengungkapkan, guna mensukseskan peran serta jajaran Polri dalam meningkatkan target vaksinasi di Kabupaten Indramayu, pihaknya bekerja sama dengan stakeholder yang ada.

Pihaknya  telah mengambil momentum HUT Bhayangkara sebagai agenda bakti Polri dalam mensukseskan program vaksinasi yang digalakkan pemerintah dengan target 1 juta vaksinasi seluruh Indonesia. Program vaksinasi ini berkelanjutan. Sampai target satu juta vaksin disuntikkan kepada warga.

"Sampai beberapa bulan ke depan, vaksinasi terus diadakan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Indramayu," katanya usai launching vaksinasi massal di lapangan Pertamina Mundu Kecamatan Karangampel.

Hafidh menjelaskan, peserta vaksin di seluruh Kabupaten Indramayu melampaui target awal yakni sebanyak 9 ribu lebih.

"Alhamdulillah responnya sangat baik. Jumlahnya malah di atas target. Ini indikator yang baik dalam membantu program vaksinasi nasional," jelas Hafidh.

Hafidh menambahkan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Indramayu terbagi tiga zona besar. Yakni barat, tengah dan timur. Selain itu ada juga sub zona di seluruh Puskesmas.

"Mulai hari ini dan seterusnya, vaksinasi akan terus digelar di setiap Puskesmas. Anggota kami, TNI serta Pemkab Indramayu siap melayaninya dan gratis," ujarnya.

Di tempat terpisah,  Bupati Indramayu Nina Agustina menyatakan bersyukur atas animo masyarakat yang sangat besar  pada program itu. Ia lega karena  tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk divaksin.

"Saya berharap respon positif ini menjadi awal yang baik untuk upaya mencegah sekaligus menekan sebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu," harap Nina.

Bupati mengingatkan, agar selama pandemi masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Tidak bosan-bosannya saya minta ayo terapkan pola hidup sehat dan patuhi protokol kesehatan. Gunakan masker kapan dan dimanapun," ujarnya. 

Panitia penyelenggara telah menyiapkan sekitar 14.900 vaksin. Bersumber dari Polda Jabar sebanyak 950 vial atau setara 9.500 dosis, Dinkes Indramayu sebanyak 40 vial atau setara 400 dosis dan RS Bhayangkara sebanyak 500 vial atau setara 5.000 dosis vaksin. (Taryani)