Percikan Api Sambar Bensin, Kapal Ikan Terbakar Hebat di Perairan Kolaka

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 27/Jun/2021 15:03 WIB
Kapal ikan KMN Maritim 19 GT 30 terbakar hebat di perairan Kolaka, Sabtu siang (26/06/2021). Foto/iNews TV Kapal ikan KMN Maritim 19 GT 30 terbakar hebat di perairan Kolaka, Sabtu siang (26/06/2021). Foto/iNews TV

KOLAKA (BeritaTrans.com) - Kapal ikan KMN Maritim 19 GT 30 hangus usai terbakar hebat di perairan Kolaka, Sabtu siang (26/06/2021). Kebakaran dipicu percikan api menyambar bensin.Kapal ikan KMN Maritim 19 GT 30 tersebut diketahui milik H Sadir warga Jalan Dermaga, Kelurahan Kolakaasi, Latambaga, Kolaka.

Asap tebal yang hitam sempat menghebohkan warga Kabupaten Kolaka, dan berkumpul di pinggir pantai untuk menyaksikan kebakaran dari kejauhan.

Baca Juga:
Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Marunda, Ini Penyebabnya!

Sadir mengatakan, kejadian ini bermula saat dirinya bersama tiga anak buah kapal (ABK) sedang memperbaiki mesin alkon pompa yang ada di dalam kapal. Tiba-tiba api muncul dari percikan bahan bakar bensin.

Percikan api bercampur bensin langsung membesar dan merembes ke seluruh bagian kapal. Agar tidak merembes ke kapal perikanan lainnya kapal tersebut sengaja dibiarkan ke tengah laut.

Baca Juga:
Respon Cepat! Pangkalan PLP Tanjung Priok Bantu Pemadaman dan Gelar Oil Boom Terhadap Kapal Terbakar di Sunda Kelapa

Sejumlah nelayan lainnya terlihat berusaha memadamkan api menggunakan kapal namun tidak membuahkan hasil, sehingga api dengan cepat menghanguskan seluruh bagian kapal.

"Saya sangat kaget mendengar informasi kalau kapal saya terbakar, setelah saya ke pelelangan, kapal saya sudah berada di tengah laut, jadi kami tidak bisa berbuat banyak dan pasrah saja," tutur Sadir.

Baca Juga:
Kapal Kargo Samudera Sakti 3 Terbakar di Lampung, 26 Awak Dievakuasi

Api dapat dipadamkan satu jam kemudian setelah sejumlah nelayan berusaha memadamkan dengan menggunakan peralatan seadanya. Meski tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.(amt/sumber:sindonews.com)