Tol Laut Trayek T-19 Dukung Penuh PON XX, Angkut Akomodasi Atlet dan Panitia

  • Oleh : Naomy

Senin, 05/Jul/2021 14:52 WIB
Kapal Tol Laut Trayek T-19 Kapal Tol Laut Trayek T-19

 

PAPUA (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor KSOP Jayapura terus melakukan koordinasi Penyelenggaran Angkutan Barang di Laut (Tol Laut) Trayek T-19. 

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

Hal ini dilakukan guna memaksimalkan peranan Tol Laut dalam ajang olahraga terbesar nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober 2021.

Kepala KSOP Jayapura, Taher Laitupa mengatakan nantinya Tol Laut akan memegang peranan penting dalam hal distribusi akomodasi keperluan PON baik untuk para atlet maupun panitia. 

Baca Juga:
Persiapan Angleb, Pelni Tingkatkan Fasilitas Kapal dan Dorong Pemudik Pesan Tiket di Aplikasi

Selain itu, saat ini permintaan masyarakat di Papua terus meningkat sehingga kinerja Tol Laut terus dimaksimalkan.

“Saat ini tingkat kebutuhan masyarakat menggunakan Tol Laut begitu tinggi dan juga untuk penyelenggaran PON XX Papua di Kabupaten Merauke dan Mimika,” kata Taher.

Baca Juga:
Pelni Pastikan 56 Kapal Layak Laut dan Operasi di Angleb 2024

Taher mengungkapkan, hal ini akan dijadikan momentum untuk mendongkrak potensi daerah dalam memproduksi komoditi-komoditi unggulan yang nantinya akan didistribusikan melalui Tol Laut. 

“Para pelaku usaha dapat terus terpacu untuk meningkatkan hasil produksinya karena sudah memiliki pasar dan jalur distribusi yang teratur,” ungkapnya.

Adapun komoditi unggulan yang saat ini tengah terus diproduksi guna memenuhi kebutuhan penyelenggaraan PON XX Papua seperti olahan kayu berupa furniture.

Kepala Disperindagkop & UKM Provinsi Papua Laduani melalui Kabid Perindustrian Ronting, mengatakan, pengembangan olahan kayu menjadi furniture merupakan produk andalan yang terus meningkat dari Kabupatan dan Kota & Kabupaten Jayapura melalui pelaku usaha lokal.

Komoditi unggulan ini adalah olahan dari pengusaha lokal dalam hal ini pengembangan dari olahan kayu menjadi furniture yaitu seperti tempat tidur, sofa, kursi dan juga kasur. 

"Hasil olahan ini akan didistribusikan ke beberapa daerah yang berada di Kabupaten Mimika dan juga di Merauke,” ungkapnya.

Nantinya, produk-produk furniture tersebut akan menjadi akomodasi para atlet dan panitia PON XX Papua dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura Alfons Awaitouw menyatakan, muatan Tol Laut pada trayek T-19 ini terus meningkat seiring dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang begitu tinggi dengan menggunakan layanan Tol Laut di Pelabuhan Depapre.

Selanjutnya Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Disperindagkop dan UKM Provinsi Papua Herman Bless menyampaikan,  beberapa komponen akomodasi melalui KM. Lognus 2 pada trayek T-19 guna mendukung kebutuhan para atlet dan para juga panitia itu menggunakan komoditi unggulan termasuk pada saat di voyage ke - 7 ini. 

"Hasil olahan Komoditi industri lokal ini selain sofa, spring bed dan juga tempat tidur serta kursi juga menghasilkan kerajinan tangan dan hiasan untuk industri perhotelan dan kebutuhan peralatan rumah tangga," katanya. (omy)