Fenomena Awan Mirip UFO Hiasi Langit Banda Aceh

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 07/Jul/2021 09:59 WIB
Awan berbentuk UFO di langit Banda Aceh (Tangkapan layar) Awan berbentuk UFO di langit Banda Aceh (Tangkapan layar)

BANDA ACEH (BeritaTrans.com) - Warga Banda Aceh dan sekitarnya dikagetkan dengan bentuk awan yang menyerupai UFO, pada Selasa (6/7/2021) sore. Awan tersebut juga terlihat seperti gasing.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan fenomena tersebut disebut awan lentikularis, yang merupakan awan menengah.

Baca Juga:
Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran, 253 Warga di Lereng Merapi Mengungsi

Zakaria bilang awan lentikularis terbentuk ketika arus angin yang mengalir sejajar permukaan bumi mendapat hambatan dari objek tertentu seperti pegunungan. Akibat hambatan tersebut, arus udara tersebut bergerak naik secara vertikal menuju puncak awan.

Udara naik tersebut mengandung banyak uap air dan bersifat stabil, maka saat mencapai suhu titik embun di puncak gunung uap air tersebut, mulai berkondensasi menjadi awan mengikuti kontur puncak gunung.

Baca Juga:
BMKG Ungkap Potensi M8,7 dan Tsunami 8 Meter di Selat Sunda, Ini Wilayah Paling Rentan

"Fenomena awan ini adalah biasa walau jarang ada dan tidak ada kaitan dengan fenomena lain seperti akan ada gempa besar apa lagi yang berbau mistis," kata Zakaria.

Menurut Zakaria, awan tersebut menarik bila dilihat bentuknya, ada yang seperti gasing, berbentuk Ufo, hingga tudung atau topi bila terjadi di puncak gunung.

Baca Juga:
Hili Warga yang Berhasil Lepaskan Kalung Ban di Buaya Penghuni Sungai Palu, Cuma Pakai Alat Ini!

Namun, awan ini sangat berbahaya terhadap dunia penerbangan karena menimbulkan turbulensi. Pesawat atau helikopter yang melintasi awan tersebut akan terguncang bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan.

"Awan ini menarik dilihat, tapi berbahaya terhadap dunia penerbangan, terutama untuk penerbangan rendah seperti helikopter atau pesawat kecil dan juga pesawat yang mau landing," katanya.(fh/sumber:CNN)