Ingat! Mulai Kamis, Naik KA Wajib Masker Ganda

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 07/Jul/2021 18:28 WIB
Suasana pengguna KRL saat pandemi.(Ist) Suasana pengguna KRL saat pandemi.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Selama masa sosialisasi penggunaan masker ganda oleh pengguna KRL dalam tiga hari mulai Senin hingga Rabu, (5-7/7) ini, KAI Commuter telah membagikan 975 ribu masker medis kepada pengguna KRL yang masih menggunakan satu masker. 

Penggunaan masker ganda yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini merupakan salah satu upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang terus meningkat beberapa pekan terakhir ini. 

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

Mulai besok, Kamis (8/7/2021) seluruh pengguna KRL diwajibkan menggunakan masker ganda atau menggunakan masker jenis N95, KN95, atau KF94. 

"Pemakaian masker ganda ini salah satunya adalah masker medis  sebagaimana yang direkomendasikan para dokter dan Kementerian Kesehatan," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Rabu (7/7/2021). 

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Anne juga mengapresiasikan pengguna KRL yang sudah mengunakan masker ganda pada masa sosialisasi ini. 

"Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih karena telah meningkatkan perlindungan diri dan ikut melindungi sesama pengguna maupun petugas," ujarnya. 

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai

Para petugas di lapangan pun akan terus mengingatkan aturan ini secara berkala. Dengan demikian bila calon pengguna KRL yang tidak menggunakan masker ganda atau masker jenis N95, KN95, atau KF94 akan dilarang menggunakan KRL. 

Sementara itu, untuk volume Pengguna KRL hari ini hingga pukul 15.00 WIB sebanyak 139.014 orang. Angka tersebut tidak jauh berbeda dengan Selasa kemarin pada waktu yang sama. Untuk mendukung pelaksanaan PPKM Darurat ini, KAI Commuter menghimbau seluruh pihak untuk mematuhi dan mengikuti pelaksanaan PPKM Darurat. KRL sebagai transportasi publik tetap hadir hanya untuk melayani kebutuhan yang sifatnya mendesak. 

"Kami tetap beroperasi untuk melayani pengguna sesusai protokol kesehatan dan aturan yang berlaku, bukan untuk melayani sebanyak mungkin pengguna," ujar Anne. 

KAI Commuter juga mengajak untuk tetap dirumah saja, kurangi aktivitas di luar rumah yang tidak terlalu penting. Jika terpaksa menggunakan KRL, kami sarankan di luar jam sibuk pada pagi atau sore hari.(fahmi)