Dua Jet Tempur Rusia Giring Pesawat P-8 Poseidon AS di Laut Hitam

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 08/Jul/2021 20:32 WIB
Jet tempur Su-30 Rusia mengawal pesawat P-8 Poseidon AS di atas Laut Hitam. Foto/Screenshot Russia Today Jet tempur Su-30 Rusia mengawal pesawat P-8 Poseidon AS di atas Laut Hitam. Foto/Screenshot Russia Today

Jakarta (BeritaTrans.com) - Dua jet tempur Su-30 Rusia menggiring pesawat Boeing P-8 Poseidon Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam. Pesawat Amerika "dipaksa" untuk menjauh dari wilayah perbatasan negara Beruang Putih.

Kejadian itu berlangsung Selasa malam dan videonya telah dirilis Kementerian Pertahanan Rusia kemarin (7/7/2021).

Menurut Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia, dua pesawat jet tempur Sukhoi Su-30 dilesatkan setelah radar mendeteksi target yang mendekati wilayah udara negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin tersebut.


“Awak pesawat tempur Rusia mengidentifikasi target udara sebagai pesawat Boeing P-8 Poseidon dan mengawalnya di atas Laut Hitam,” kata Pusat Kontrol Pertahanan Nasional seperti dikutip Russia Today.

Poseidon, yang diperkenalkan pada 2013, adalah pesawat yang saat ini digunakan oleh Angkatan Laut AS. Ia dapat melakukan operasi militer terhadap kapal permukaan dan kapal selam, dan membawa rudal Harpoon yang terkenal kejam.

Sedangkan Su-30 adalah jet tempur superioritas udara supermanuver yang dibangun oleh pabrikan pesawat Sukhoi Rusia.

Laut Hitam saat ini mengalami peningkatan aktivitas militer karena latihan Angkatan Laut multinasional Sea Breeze NATO. Latihan skala besar, yang melibatkan AS, Inggris dan Ukraina, serta beberapa negara Eropa lainnya, diikuti oleh sekitar 4.000 personel, 40 kapal perang, dan 30 pesawat.

Baca Juga:
Sejarah Moskva, Kapal Perang yang Kini Karam `Terhantam Rudal`:Simbol Dominasi Rusia di Laut Hitam dan Duri Bagi Ukraina

(lia/sumber:sindonews.com)

Baca Juga:
Eropa Makin Panas, Jet Tempur Rusia Cegat Jet Inggris