Kapal Tenggelam di Laut Malut, 3 ABK Selamat

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 10/Jul/2021 10:29 WIB
Tiga ABK KM Mitra Usaha selamat dari kecelakaan kapal tenggelam di perairan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara. Foto: Medcom.id. Tiga ABK KM Mitra Usaha selamat dari kecelakaan kapal tenggelam di perairan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara. Foto: Medcom.id.

TERNATE (BeritaTrans.com) - Tiga anak buah kapal (ABK) KM Mitra Usaha yang selamat dari kecelakaan kapal tenggelam di perairan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), telah dievakuasi ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ternate. Ketiganya dievakuasi menggunakan KRI Tatihu-853 pada Jumat, 9 Juli 2021.

Tiga ABK selamat yakni Deki Machmud (48) selaku nahkoda kapal asal Bitung, Hans Anggaloly (38) asal Sorong, dan Rifki Machmud (15) selaku koki kapal asal Bitung. Sementara, Haidin Ode (50) asal Pulau Gala meninggal dunia.

Komandan Lanal (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin, mengungkapkan bahwa ketiga awak ini selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan. Ia mengungkapkan bahwa hasil tes swab antigen ketiganya adalah negatif covid-19. 

"Korban yang selamat ini dalam kondisi stabil  dan setelah pemeriksaan akan kami kembalikan kepada keluarga masing-masing," ujar Komaruddin dalam konferensi pers, Jumat, 9 Juli 2021.

Baca Juga:
Tim SAR Pangkalan PLP Tanjung Priok Evakuasi Korban Tenggelam ABK KM Teguh Bintang United di Kolam Dermaga Transit 11 Pelabuhan Muara Baru

Sebelumnya, KM Mitra Usaha bertolak dari Kabupaten Halmahera Selatan menuju Bitung, Sulawesi Utara, pada Jumat, 2 Juli 2021. Tujuannya untuk menjual kopra.

Namun pada 3 Juli 2021, kapal karam di sekitar perairan Batang Dua setelah dihantam ombak setinggi lima meter. Lambung kapal yang bocor membuat kapal kemasukan air.

Kemudian, kapal tersebut diselamatkan oleh kapal latih AL jepang JS Kashima dan JS Setoyuki di perairan Batang Dua. Tiga orang selamat. (dn/sumber: Medcom.id)

Baca Juga:
Tug Boat Tenggelam, 6 ABK Terombang-ambing di Laut 12 Jam