2.175 Jiwa di Kota Cirebon Terima Bansos Paket Sembako

  • Oleh : Taryani

Selasa, 13/Jul/2021 20:16 WIB
Pembagian Bansor berupa paket sembako kepada 2.175 KPM Kota Cirebon. (Ist.) Pembagian Bansor berupa paket sembako kepada 2.175 KPM Kota Cirebon. (Ist.)

CIREBON (BeritaTrans.com) – Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Senin (12/07/2021) menyalurkan bantuan sosial (Bansos) paket sembako untuk warga terdampak Covid-19 tahap kedua.  

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Santi Rahayu melalui Kepala Bidang Sosial, Aria Dipahandi mengatakan, penyaluran Bansos tahap kedua sudah dimulai per hari Senin (12/07/2021) untuk penerima sebanyak 2.175 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Jumlah penerima tetap 2.175 KPM, karena ini  sesuai dengan SK Walikota. Jika pun ada penggantian harus revisi SK,” ujar Aria.

Dijelaskan, Bansos tersebut disalurkan melalui PT. Pos Indonesia. Pihaknya melakukan tanda tangan kontrak kerja sama dengan Kantor Pos dan Bulog.

Pada hari pertama penyaluran Bansos tahap kedua ini, menurut Aria, sebanyak 500 paket sudah di drop di gudang Kantor Pos dari gudang Bulog untuk disalurkan.

“Pengemasan di gudang Bulog, penyaluran kalau kondisi normal diperkirakan selesai dalam 7 sampai 10 hari,” ujarnya.

Ia menambahkan, Bansos berupa paket sembako terdiri dari beras premium 10 kg, minyak goreng 1 liter, mi instan 10 buah, kecap 1, dan sarden 2 kaleng disiapkan oleh Kantor Bulog Cirebon.

Perinciannya, Kecamatan Harjamukti sebanyak 489 KPM, Kecamatan Kejaksan 438 KPM, Kecamatan Kesambi 560 KPM, Kecamatan Lemahwungkuk 361 KPM dan Kecamatan Pekalipan 327 KPM.

Selama 2021 sebanyak 2.175 KPM akan mendapatkan penyaluran Bansos sebanyak tiga kali paket sembako yang dananya bersumber dari APBD Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, H. Nashrudin Azis  saat penyaluran perdana paket sembako di Gudang Bulog Pegambiran menjelaskan, pada  masa pandemi Covid-19 ini kebahagian masyarakat Kota Cirebon sangat penting.

Karena kebahagiaan itu katanya yang akan meningkatkan imun kita. Dengan imun yang meningkat, diharapkan semua penyakit, termasuk Covid-19 tidak akan masuk ke dalam tubuh.

“Adanya paket sembako untuk keluarga terdampak Covid-19 saya harap juga dapat membahagikan masyarakat. Sehingga imun mereka meningkat,” ungkap Azis. (Taryani)