Pelindo I Dukung PPKM Darurat dan Pastikan Pegawainya Telah Vaksinasi

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 16/Jul/2021 18:43 WIB
Vaksinasi di lingkungan Pelindo I Vaksinasi di lingkungan Pelindo I

 

MEDAN (BeritaTrans.com) - Pelindo I mendukung penuh pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang ditetapkan pemerintah yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021 sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021. 

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Terima Kunjungan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung

SVP Corporate Secretary Pelindo I, Basuki Soleh mengatakan, upaya dalam mendukung dan melaksanakan kebijakan PPKM darurat di lingkungan kerja yakni dengan melakukan pengaturan kegiatan operasional agar arus logistik tetap berjalan lancar serta pemberlakuan bekerja dari rumah bagi sebagian pegawai perkantoran. 

Hal ini diwujudkan dengan diterbitkannya Surat Edaran Direksi No. UM.50/10/10/P1-21.TU pada 9 Juli 2021.

Baca Juga:
Ciptakan Pengemudi Truk Berperilaku Aman dan Tertib, Di Program TJSL Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Gelar Training Safety Truck Driving

“Beberapa cabang pelabuhan Pelindo I yang berada di empat provinsi di Pulau Sumatera ini masuk dalam daftar wilayah PPKM darurat di luar Jawa-Bali," ujar Basuki di Medan, Jumat (16/7/2021).

Pelindo I merupakan sektor kritikal yang usahanya berkaitan dengan logistik, dalam masa PPKM darurat seperti ini tetap beroperasi sebagaimana mestinya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga:
Terapkan TJSL, Pelindo II Regional Tanjung Priok Serahkan Bantuan untuk Palestina

Pelaksanaan PPKM darurat di lingkungan Pelindo I sebagaimana SE Direksi yakni para pegawai yang bekerja di area perkantoran dengan membidangi pekerjaan administrasi diberlakukan Working from Home (WFH) 50% di setiap unit kerja. 

Namun bagi pegawai yang bekerja di lapangan untuk mendukung kegiatan operasional diberlakukan Working from Office (WFO) 100% dikarenakan pelayanan kepelabuhanan yang harus beroperasi 24 jam / 7 hari. 

"Dengan pemberlakuan kebijakan tersebut, perseroan menjamin kegiatan operasional dan layanan di seluruh lingkungan kerja Pelindo I di kantor pusat, cabang pelabuhan, dan anak perusahaan tetap berjalan optimal," urainya.

Pihaknya memastikan bahwa setiap petugas operasional di lapangan sudah menerima vaksinasi Covid-19 dan tetap patuh menjalankan protokol kesehatan.

Pelindo I juga memperketat pengawasan seluruh kegiatan operasional khususnya di area terminal penumpang dengan memastikan seluruh petugas yang menangani operasional kapal penumpang dalam keadaan sehat dan dinyatakan negatif Covid-19 melalui uji Rapid Test Antigen atau PCR. 

Calon penumpang yang memenuhi kriteria perjalanan saja yang diperkenankan memasuki terminal penumpang dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. 

Pelindo I juga menyediakan sarana pemeriksaan kesehatan pada akses utama keluar masuk terminal penumpang di pelabuhan, menyediakan fasilitas vaksinasi yang dibutuhkan termasuk tenaga vaksinator yang bekerja sama dengan berbagai pihak.

Selain itu, komitmen perseroan dalam melindungi pegawai dan mencegah penyebaran Covid-19 yaitu dengan mendukung program vaksinasi.

"Pelindo I bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kota Medan menyelenggarakan Program Vaksinasi Covid-19 untuk pegawai dan sejumlah instansi yang berada di pelabuhan. Vaksinasi pertama dilaksanakan pada 7-9 April 2021 dan vaksinasi kedua pada tanggal 5-7 Mei 2021 di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan," terang Basuki. 

Upaya mendukung program vaksinasi secara masif, Pelindo I turut memfasilitasi kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh berbagai instansi, meliputi kegiatan vaksinasi massal yang digelar melalui koordinasi Polri-TNI cq. Polda Sumut, Pemda dan instansi setempat pada 26 Juni 2021 di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan; program vaksin yang digelar TNI melalui Lantamal I Belawan pada 29 Juni 2021 dan 1 Juli 2021 di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan; kegiatan vaksinasi oleh Lantamal Belawan pada 6 Juli 2021 di kantor Pelindo I Cabang Belawan; serta kegiatan vaksinasi yang akan diselenggarakan Lantamal Belawan pada 17-18 Juli 2021 di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan. 

"Bentuk dukungan yang diberikan Pelindo I berupa fasilitas tempat, perlengkapan kegiatan, pengamanan, dan tenaga medis dari anak usaha Pelindo I, Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan (PHCM)," katanya. 

Pelindo I juga turut mendukung hadirnya Sentra Vaksinasi Bersama BUMN untuk wilayah Sumatera Utara yang digelar di kota Medan melalui keikutsertaan pegawai Pelindo I Group yang belum divaksin dan keluarga pegawai. 

Bantuan tenaga kesehatan RS PHCM juga turut mendukung Sentra Vaksinasi Bersama BUMN yang dilaksanakan hingga 25 Agustus 2021.

Pelindo I melalui anak usaha RS PHCM akan terus mengupayakan peningkatan layanan Vaksinasi Covid-19 di rumah sakit dan klinik yang dikelolanya. 

Selain dilengkapi fasilitas vaksinasi yang sesuai dengan standar, RS PHCM juga terus melakukan peningkatan kemampuan bagi para tenaga kesehatan sehingga proses vaksinasi dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional yang telah memiliki sertifikat pelatihan pemberian vaksin.

"RS PHCM juga dilengkapi dengan fasilitas untuk penanganan Covid-19, seperti fasilitas laboratorium biomolekuler untuk layanan pemeriksaan RT PCR, fasilitas screening pasien Covid-19, fasilitas kamar isolasi Covid-19, dan lain sebagainya," tambah dia.

Hingga saat ini, hampir seluruh pegawai Pelindo I Group telah divaksinasi, serta perseroan terus mengajak seluruh pegawai dan keluarga untuk melakukan vaksinasi. 

Pihaknya  meyakini bahwa program vaksinasi menjadi salah satu ikhtiar perseroan untuk melindungi pegawai dengan memutuskan rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pelabuhan memiliki risiko penularan Covid-19 yang cukup tinggi sehingga program vaksinasi bagi pegawai dan para mitra kerja pelabuhan ini diharapkan bisa memberikan perlindungan dan menekan laju penyebaran Covid-19,” tutup Basuki. (omy)