Dinkes Kota Cirebon Buka Pendaftaran Rekrutmen 500 Nakes Lebih

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 16/Jul/2021 19:58 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. Edy Sugiharto. (Ist.) Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. Edy Sugiharto. (Ist.)

CIREBON (BeritaTrans.com) – Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. Edy Sugiharto menegaskan, proses pendaftaran rekrutmen tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Cirebon akan digelar Jumat (16/7/2021).

Rekrutmen akan dibuka mulai Jumat ini. Persiapannya mulai dari APD, honornya, dan penginapan mereka. Nakes itu kalau sudah bekerja 12-14 hari harus off, istirahat, sehingga penginapan untuk mereka harus disediakan.

Ia menambahkan, jika ditotalkan maka dibutuhkan Nakes setidaknya 500 orang lebih. Mereka sifatnya relawan.

“Saya harap perekrutan saat ini sama dengan saat perekrutan Nakes di Hotel Onos dulu. Di Onos itu tidak melihat mereka honor atau bukan tapi mereka bekerja saat itu dengan penuh keikhlasan,” katanya.

Menyinggung vaksin ke-3 untuk Nakes, kata dr. Edy Sugiharto, dalam waktu dekat akan segera dilakukan.   

Pemerintah Daerah Kota Cirebon saat ini sedang menunggu dropping vaksin. Direncanakan vaksin yang akan digunakan pada vaksinasi ke-3 Nakes ini adalah jenis Moderna.

“Saat ini kita sedang menunggu dropping vaksin. Direncanakan jenis Moderna. Vaksinasi ke-3 untuk Nakes ini merupakan kabar yang menggembirakan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. Edy Sugiharto.

Menurutnya, vaksinasi yang ke-3 bagi para nakes ini sangat penting. Mengingat tingkat paparan virus Covid-19 kepada mereka sangat tinggi.

“Nakes banyak yang terpapar. Tingkat terpapar mereka lebih tinggi dari masyarakat biasa. Di RSD Gunung Jati, pada bulan lalu ada 182 yang positif Covid-19. Pada Juli ada 59 nakes. Belum lagi nakes di Puskesmas yang saat ini jumlah yang terpapar mencapai 41 orang,” tuturnya.

Ia menambahkan, dari durasi hingga prevensi nakes dengan pasien sangat tinggi, sehari bisa 100-200 orang dilayani.

“Ditambah nakes juga banyak yang keluar gedung. Dia harus melayani di Posyandu dan Posbindu, sehingga total paparan makin sering,” ungkapnya.

Berdasarkan data vaksinasi di Dinas Kesehatan yang di-update per Rabu, 14 Juli 2021, vaksinasi ke-1 kepada nakes mencapai 81,89 persen atau 4.001 orang. Vaksinasi ke-2 mencapai 72,53 persen atas 3.544 orang.

Sementara jika ditotalkan seluruh sasaran vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon yang terdiri dari nakes, petugas publik, lansia, masyarakat umum dan remaja mencapai 262.198 orang.

Dari jumlah tersebut yang telah divaksin pada vaksinasi ke-1 mencapai 85.865 orang atau mencapai 32,75 persen, dan pasa vaksinasi ke-2 total yang telah divaksin mencapai 43.111 orang atau 16,44 persen. (Taryani)