Rusia Luncurkan Jet Tempur Sukhoi Terbaru Pekan Depan

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 18/Jul/2021 13:25 WIB
Rusia akan meluncurkan jet tempur baru Sukhoi dalam pameran kedirgantaraan pekan depan (Foto: AP) Rusia akan meluncurkan jet tempur baru Sukhoi dalam pameran kedirgantaraan pekan depan (Foto: AP)

MOSKOW (BeritaTrans.com) - Produsen pesawat Rusia Sukhoi akan menunjukkan jet tempur terbaru dalam pameran kedirgantaraan yang digelar di Moskow pekan depan. Presiden Vladimir Putin akan hadir dalam pembukaan pameran tersebut yakni pada Selasa (20/7/2021).

Dalam foto yang beredar tampak jet tempur ditutupi kain hitam, ditarik ke tempat parkir seberang lapangan terbang Zhukovsky, di luar Moskow. Tempat tersebut menjadi lokasi Pameran Penerbangan dan Antariksa Internasional (MAKS-2021).

Menurut laporan media Rusia, seperti dilaporkan kembali Associated Press, Sabtu (17/7/2021), jet terbaru itu dibuat Sukhoi dalam program pengembangan pesawat tempur taktis ringan.

Tidak seperti jet tempur siluman terbaru Rusia Su-57, pesawat ini tampak lebih kecil dan memiliki satu mesin. Su-57 dibuat untuk menandingi jet tempur siluman Amerika Serikat F-22 Raptor.

Belum diketahui apa nama jet tempur terbaru ini, tidak ada informasi pula tentang kemampuan dan prospek penjualannya. Namun Rusia akan menawarkannya kepada negara lain.

Dari informasi yang didapat, pesawat ini akan menyaingi F-35 Lightning II AS yang sudah beroperasi pada 2015. 

Dalam pernyataan, perusahaan alat pertahanan milik pemerintah, Rostec, menyebutkan Rusia merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki kapasitas penuh untuk memproduksi pesawat canggih serta menjadi trendsetter yang diakui dunia.

Guna membuat penasaran publik, sebelum peluncuran, Rostec merilis foto teaser pesawat tersebut dalam kondisi dilapisi kain dengan tulisan "Ingin melihat saya terbuka?” di bawahnya.

Foto lain yang diunggah di akun Facebook Rostec pada Sabtu menunjukkan kapal perang yang mirip dengan armada perusak tipe 45 HMS Defender Inggris masuk dalam bidikan sensor pesawat tersebut disertai tulisan, "Sampai jumpa."

Kapal perusak HMS Defender terlibat insiden pada 23 Juni di Laut Hitam. Rusia melepaskan tembakan ke arah kapal itu, bahkan melempar bom di rutenya, sebagai peringatan agar meninggalkan perairan Krimea yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada 2014.

(lia/sumber:inews.id)