Kondisinya Becek dan Licin Sering Dilalui Warga, Kades Cor Beton Jalan di Area Pekuburan

  • Oleh : Taryani

Senin, 19/Jul/2021 10:07 WIB
Para pekerja tampak sedang menyelesaikan pengecoran jalan di area pemakaman umum Desa Kertawinangun, Kandanghaur, Indramayu. (Taryani) Para pekerja tampak sedang menyelesaikan pengecoran jalan di area pemakaman umum Desa Kertawinangun, Kandanghaur, Indramayu. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Musim pandemi Covid-19 di desa-desa di Kabupaten Indramayu, Jabar, tak terkecuali di  Desa Kertawinangun, Kecamatan Kandanghaur, sering terlihat  pelayat berjalan kaki atau naik sepeda motor bolak – balik ke area  pekuburan. 

Masalahnya, kondisi jalan menuju ke area pemakaman umum itu masih jalan tanah. Belum diaspal atau dicor beton. Jika turun hujan jalan menjadi licin, berlumpur atau becek.

Sehingga  mengganggu kenyamanan dan keselamatan warga yang akan nyekar, kirim doa atau melayat tetangga, saudara yang meninggal dunia.

Melihat kondisi demikian, Kepala Desa atau Kuwu Kertawinangun, Nuryasa berupaya memberikan pelayanan kepada warganya.

Caranya, memperbaiki  jalan menuju area pemakaman atau pekuburan umum di desanya yang kondisinya masih berupa jalan tanah.

"Jalan tanah ini tidak rata. Terlebih,  jika turun hujan, jalan tersebut  tidak nyaman dilalui. Kondisinya becek dan licin. Hal ini bisa membahayakan keselamatan warga. Apalagi warga  yang tengah menggotong keranda jenazah," ujar Kuwu Nuryasa.

Oleh sebab itulah pihaknya mencoba mencari solusi. Membangun jalan setapak menuju area pemakaman umum dengan cara dicor beton.

Setelah jalan di areal pemakaman umum Desa Kertawinangun ini selesai dicor beton, mudah-mudahan pelayat pergi – pulang ke area pemakaman makin lancar dan nyaman. 

Tanpa khawatir terpeleset atau alas kakinya kotor menginjak jalan yang dahulu  licin dan  berlumpur. (Taryani)