Kapal Perang Rusia Tembakkan Rudal Hipersonik Zircon di Laut Putih, Melesat 7 Kali Kecepatan Suara

  • Oleh : Redaksi

Senin, 19/Jul/2021 20:26 WIB
Kapal perang Admiral Gorshkov menembakkan rudal jelajah hipersonik Zircon di Laut Putih. Foto/The EurAsian Times Kapal perang Admiral Gorshkov menembakkan rudal jelajah hipersonik Zircon di Laut Putih. Foto/The EurAsian Times

Jakarta (BeritaTrans.com) - Kapal perang Amiral Gorshkov milik Angkatan Laut Rusia berhasil menembakkan rudal jelajah hipersonik Zircon ke sasaran darat yang jaraknya lebih dari 350 kilometer (217 mil). Misil tersebut terdeteksi melesat tujuh kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin (19/7/2021) mengonfirmasi uji tembak rudal berbahaya tersebut.


“Di perairan Laut Putih, fregat utama proyek 22350, Admiral dari Armada Angkatan Laut Uni Soviet Gorshkov, menembakkan rudal jelajah hipersonik Zircon ke target darat yang terletak di pantai Laut Barents,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.


“Menurut data kontrol objektif, rudal Zircon berhasil mengenai target dengan tembakan langsung pada jarak lebih dari 350 kilometer,” lanjut pernyataan itu seperti dikutip The EurAsian Times.

Karakteristik taktis dan teknis dari rudal Zircon dikonfirmasi dalam pengujian. Kecepatan terbangnya sekitar tujuh kali kecepatan suara.

Sebelumnya, sumber industri militer mengatakan kepada Sputniknews bahwa rudal jelajah hipersonik Zircon (Tsirkon) akan diluncurkan pada akhir Juli.

“Sebelum akhir bulan ini, sebagai bagian dari uji coba sistem rudal kapal dengan rudal hipersonik Zircon, penembakan akan dilakukan pada target darat dan laut dari fregat Admiral Gorshkov,” kata sumber itu.

Pada bulan Januari, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexey Krivoruchko mengatakan bahwa uji coba rudal hipersonik Zircon akan mencapai puncaknya pada tahun 2021 dengan peluncuran kapal selam, membuka jalan untuk produksi serial untuk Angkatan Laut Rusia pada tahun 2022.

Baca Juga:
Pasifik Memanas, 5 Kapal Perang Rusia Ancam Armada Tempur AS


Pada tahun 2020, tiga uji peluncuran Zircon dilakukan dari fregat Admiral Gorshkov, dua di antaranya mengenai sasaran laut dan satu lagi mengenai sasaran darat.

Pada Mei tahun ini, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada saluran televisi Rossiya 24 bahwa potensi kekuatan nuklir strategis Rusia telah berkembang, kemampuan Angkatan Laut telah diperluas, uji coba rudal hipersonik Zircon hampir selesai.

“Angkatan Darat dan Angkatan Laut menerima senjata dan peralatan militer terbaru dengan dinamika tinggi, sehingga potensi triad nuklir diperkuat secara serius, kemampuan tempur Angkatan Laut telah diperluas, termasuk melalui kapal dengan rudal jelajah Kalibr, sistem rudal hipersonik Zircon shipborne berada pada tahap akhir pengujian negara,” kata Putin.

(lia/sumber:sindonews.com)

Baca Juga:
Pamer Kekuatan ke Negara Barat, Rusia Gelar Latihan Tempur Besar-besaran di Krimea