Perusahaan China XPeng Kenalkan Mobil Terbang X2, Bisa Melayang di Udara 35 Menit

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 20/Jul/2021 14:16 WIB
Produsen otomotif China, XPeng memperkenalkan mobil terbang listrik X2 dengan kemampuan melayang di udara 35 menit. Foto: Inews.id. Produsen otomotif China, XPeng memperkenalkan mobil terbang listrik X2 dengan kemampuan melayang di udara 35 menit. Foto: Inews.id.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Produsen otomotif China, XPengmemperkenalkan mobil terbanglistrik X2. Ketua dan CEO XPeng, He Xiaopeng mengunggah cuplikan mobil terbang listriknya melalui jejaring situs web microblogging China, Weibo.

Unggahan itu berupa video berdurasi 1,5 menit yang yang berisikan penjelasan Xiaopeng di Weibo mengenai mobil terbang listrik buatannya.

Baca Juga:
Xpeng Motors jadi Perusahaan EV China Pertama Masuki Pasar Swedia

"Ini menandai kita selangkah lebih dekat ke mobil terbang yang lebih luas dan aman digunakan," ujar He Xiaopeng Dalam video tersebut. 

Jika melihat video sampai habis terlihat mobil terbang berpenggerak listrik ini dapat beroperasi dari jarak jauh tanpa penumpang manusia.

Dilansir dari Hindustan Times, spesifikasi mobil terbang listrik ini memiliki bobot 360 kg dengan berat lepas landas maksimum 560 kg. Mobil terbang ini memiliki waktu tempuh terbang selama 35 menit dengan kecepatan maksimum mencapai 130km/jam, lapor CnEVPost.

Mobil yang memiliki desain unik tersebut dilengkapi kemampuan perencanaan jalur penerbangan otomatis (semi autopilot). Fungsinya untuk memantau kontur tanah menggunakan beberapa sensor yang ditanamkan dalam mobil itu untuk kembali ke darat. Mobil terbang ini juga memiliki fitur berupa komunikasi dua arah secara real-time yang menjangkau jarak lebih dari 100 km.

Tak lupa produsen asal China ini juga memiliki fitur keselamatan di dalamnya seperti terdapat delapan kelompok baterai independen untuk catu daya redundan serta empat sumbu dan delapan baling-baling untuk cadangan daya multi-motor. Semua itu masuk dan terdapat pada sistem pemantauan 24 jam.

Bukan kali pertamanya perusahaan China ini membuat dan memperkenalkan mobil terbangnya. X2merupakan mobil terbang listrik generasi keempat menggantikan varian terdahulu Voyager X1 di Shanghai Auto Show pada April 2021. 

Perusahaan otomotif dunia saat ini sedang berusaha mengembangkan dan mengerjakan mobil terbang dengan membangun prototipe dan teknologi  inovatif. Ini membuat fantasi mobil terbang semakin mendekati kenyataan. (dn/sumber: Inews.id)