Ngeri! Gegara Salah Pengawas, Dua Pesawat Nyaris Tabrakan

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 23/Jul/2021 07:20 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dua pesawat hampir bertabrakan akibat pengawas lalu lintas udara di Bandara Paris Charles de Gaulle, Prancis salah ucap atau keseleo lidah (slip of tongue). 

Menurut laporan investigasi otoritas keselamatan udara Prancis untuk masyarakat sipil (BEA) yang dirilis pada hari Selasa (20/7), peristiwa itu terjadi pada 20 Juli 2020 lalu. 

Baca Juga:
Lion Air Layani Rute Lombok - Makassar Mulai 27 Maret

Mengutip CNN, insiden tersebut melibatkan pesawat United Airlines Boeing 787 yang berangkat dari New Jersey dan EasyJet Airbus A320 yang bersiap untuk lepas landas dari Malaga, Spanyol. 

Saat itu, pesawat EasyJet lepas landas dari landasan pacu 09 Right (09R). Sementara United Airlines akan mendarat di 09 Left (09L). Namun pengawas lalu lintas mengatakan pesawat dari Malaga itu agar mendarat di 09R. 

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Surabaya-Jeddah Berputar-putar di Langit Binjai, Ternyata ini Penyebabnya

Pada saat pesawat melintasi jalur, mereka hanya dipisahkan jarak 1.300 meter. 

Pengawas tidak memiliki jarak pandang langsung ke landasan pacu 09 karena monitor yang menghadap ke landasan tampaknya rusak, sehingga menggunakan layar lain, menurut laporan itu. 

Baca Juga:
Masyarakat Aceh Tenggara Kecewa Dihentikannya Penerbangan Bandara Alas Leuser Menuju SIM

Namun ketika layar yang menghadap ke landasan pacu 09 telah diperbaiki, pengawas langsung khawatir. 

Dia juga mengatakan kepada penyelidik bahwa ia bingung akan permintaan sebelumnya dari pesawat yang berbeda untuk mendarat di landasan pacu 09R karena masalah teknis. 

BEA menyebut sejumlah faktor berkontribusi terhadap insiden itu, termasuk soal menurunnya kemampuan karena lalu lintas udara berkurang selama pandemi Covid-19. 

Penyelidik juga mengatakan kru United Airlines seharusnya menggunakan istilah "konfirmasi" alih-alih "mengerti" yang tidak sesuai standar komunikasi penerbangan.(fh/sumber:CNN)