40.000 Calon Penumpang Manfaatkan Vaksinasi Covid-19 di Bandara Angkasa Pura II, Terbanyak di Soetta

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 23/Jul/2021 22:41 WIB
Sentra vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta (AP II) Sentra vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta (AP II)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sepanjang 3-22 Juli 2021 Jumlah penumpang pesawat yang divaksinasi Covid-19 di bandara PT Angkasa Pura II (Persero) tembus 40.000 orang.

Menurut President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, sejak sentra vaksinasi dibuka resmi 3 Juli, jumlah vakinasi terbanyak ada di Bandara Soekarno-Hatta yakni terhadap sekitar 26.000 orang. 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

"Sentra vaksinasi di bandara-bandara AP II dikelola secara profesional dengan mendapat dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan, Pemprov, Pemda, maskapai, TNI/Polri, dan berbagai institusi lainnya, sehingga dapat dengan lancar menjalankan program vaksinasi ini," urainya, Jumat (23/7/2021).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hari ini melakukan peninjauan lokasi program ‘Vaksinasi di Bandara’ di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan hasil kolaborasi dari Kementerian Kesehatan, Traveloka dan AP II. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

“Kolaborasi berbagai pihak seperti ini yang dibutuhkan untuk mendukung program vaksinasi nasional,” ujar Menkes.

Program ‘Vaksinasi di Bandara’ ini digelar pada 12 - 25 Juli 2021 untuk dosis pertama vaksinasi Covid-19 dan dibuka gratis bagi masyarakat umum kelompok usia 18 tahun ke atas hingga lansia. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Ditargetkan jumlah penerima vaksin dalam program kolaborasi Kemenkes, Traveloka dan AP II ini mencapai 14.000 orang di periode 12 - 25 Juli. 

Di dalam kesempatan yang sama, Menkes juga menyampaikan apresiasi terkait pelaksanaan vaksinasi di seluruh bandara AP II termasuk juga Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola baik dengan memanfaatkan dukungan teknologi. 

Awaluddin mengatakan, teknologi informasi sangat membantu operasional sentra vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta. 

“Sentra vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta dibuka untuk melayani jadwal penerbangan yang ada selama 24 jam, dan hingga kini telah melayani vaksinasi terhadap puluhan ribu orang. Operasional sentra vaksinasi ini tidak bisa lagi dilakukan secara manual, tetapi dibutuhkan penerapan teknologi informasi untuk membuat operasional dan layanan berjalan lancar,” ujar Awaluddin.

Melalui penerapan teknologi informasi, pihaknya membuat dashboard monitoring real time layanan vaksinasi di Soekarno-Hatta untuk melihat langsung jumlah orang yang melakukan registrasi, sudah melakukan observasi, dan informasi lainnya.

"Dengan begitu, kami juga dapat menjaga layanan dengan memperhatikan ketersediaan vaksinasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan," tutur dia.

AP II akan terus membuka sentra vaksinasi untuk mendukung calon penumpang pesawat dapat memenuhi protokol kesehatan yang berlaku saat ini. 

Sentra vaksinasi AP II juga diharapkan dapat mendukung percepatan program vaksinasi nasional guna mewujudkan kekebalan komunal (herd community) di tengah pandemi Covid-19. (omy)