Gegara Pandemi, 400 Pegawai Jusuf Hamka Pilih Pensiun Dini dan Dapat Rp 2 M

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 24/Jul/2021 23:28 WIB
Yusuf Hamka. (Foto:Istimewa) Yusuf Hamka. (Foto:Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka mengungkapkan pada awal pandemi virus Covid-19, menawarkan para karyawannya pensiun dini. Dari 1.200 karyawan, 400 di antaranya melakukan pensiun dini. 

"(Jumlah karyawan) 1.200 tadinya. Jadi kurang lebih 800an lah sekarang. Lebih ramping, lebih efisien," kata Jusuf Hamka, dikutip dari Tim Blak-blakan detik.com, Kamis (22/7/2021). 

Baca Juga:
STIP Jakarta Promosikan Kampus di Education Fair 2022 SMA Kota Bekasi

Dia menjelaskan bahwa semua karyawan telah di-cover asuransi Jiwasraya untuk dana pensiun. Kemudian dia menawarkan pensiun dini. Mereka yang setuju ada yang mendapatkan Rp 600 juta hingga Rp 2 miliar. 

"Jadi saya tawarkan waktu itu bulan 4-bulan 5 pas pandemi pertama 'kalian mau pensiun dini nggak semuanya?' mereka ngambil semua. Ada yang bawa pulang Rp 600 juta, Rp 1 miliar, Rp 2 miliar," sebutnya. 

Baca Juga:
Pensiunan DAMRI Surabaya Demo Tagih Pesangon yang Belum Dibayar 2 Tahun

Lebih lanjut, Jusuf Hamka menjelaskan ada kurang lebih 30% karyawannya yang mendapat pensiun dini. Kini mereka ada yang menjadi pedagang, buka katering, dan lain sebagainya. 

"Untung mereka ambil pensiun dini, kalau nggak, sekarang direstrukturisasi kagak bisa ngambil duitnya, dana pensiunnya di Jiwasraya," tambahnya. 

Baca Juga:
Lomba Nembak, Akademi Angkatan Laut Raih Juara 1 Perorangan Putra dan Putri Kategori Pistol

Dia pun menegaskan bahwa yang dilakukan perusahaan bukanlah pemutusan hubungan kerja (PHK), melainkan pensiun dini tanpa paksaan.(fh/sumber:detikcom)