Unik, Beragam Singkatan Nama Bus AKAP Sumatera di Terminal Bekasi

  • Oleh : Bondan

Senin, 26/Jul/2021 15:06 WIB
Bus NPM di Terminal Induk Kota Bekasi, Senin (26/7/2021). Foto: BeritaTrans.com. Bus NPM di Terminal Induk Kota Bekasi, Senin (26/7/2021). Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Perusahaan otobus (PO) lintas Sumatera, memanglah unik. Mulai dari pemakaian pelindung kaca depan, kemudian penggunaan sasis eropa, hingga membawa muatan diatas atap.

Selain keunikan tersebut, bus lintas Sumatera ini memiliki keunikan yang lain yaitu dari nama PO itu sendiri yang terpampang di bodi bus. Jika diperhatikan secara detail sebagian PO bus Sumatera, menggunakan nama singkatan. Misal seperti NPM, ANS, ALS, MPM, SAN, dan PMTOH.

Baca Juga:
Joss! PO Sembodo Luncurkan Bus Suite Combi Plus Rute Jakarta-Padang

Hal tersebut menarik perhatian BeritaTrans.com saat berada di Terminal Induk Kota Bekasi. Sejumlah bus tersebut dengan nama singkatan tersebut selalu terpampang di Terminal ini setiap pagi hingga siang hari.

Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan nama singkatan akan lebih memudahkan calon penumpang bus lintas Sumatera ini untuk diingat. Sebab, dengan  tiga huruf tersebut penumpang tinggal menghapal saja.

Baca Juga:
Mewah! Bus Double Decker Terbaru Milik Gunung Harta Beroperasi, Berapa Sih Tarifnya?

Akan tetapi tidak semua bus lintas Sumatera memakai singkatan untuk menamai Perusahaan. Contohnya seperti sebagian bus AKAP Sumatera yang berada di Terminal Induk Kota Bekasi yakni Sempati Star, Putri Candi, Putra Belitang, Adhi Prima, Arya Prima dan masih banyak lagi.

Berikut bus AKAP lintas Sumatera dengan nama singkatan yang berada di Terminal Induk Kota Bekasi:

Baca Juga:
Arti Kode Lampu Utama dan Lampu Hazard di Bus AKAP

  1. ANS (Anas Nasional Sejahtera)
  2. NPM (Naikilah Perusahaan Minang)
  3. MPM (Mutia Putri Mulia)
  4. TIA (Telaga Indah Armada)
  5. SAN (Siliwangi Antar Nusa)
  6. PMTOH (Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan)

(Dan)