Tokoh Migas Indonesia John S. Karamoy Meninggal Dunia

  • Oleh : Dirham

Rabu, 28/Jul/2021 09:56 WIB
Tokoh Migas Indonesia John S. Karamoy. Tokoh Migas Indonesia John S. Karamoy.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kabar duka kembali menyelimuti Tanah Air, kali ini berasal dari industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia.

Tokoh migas nasional John S. Karamoy (84 tahun) meninggal dunia pada dinihari tadi, Rabu (28/07/2021) pukul 00:05 WIB.

Berdasarkan informasi yang diterima, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Migas Nasional (Aspermigas) ini meninggal di Rumah Sakit Siloam, Tb Simatupang, Jakarta Selatan karena sakit (non Covid-19).

Almarhum akan dimakamkan setelah Zuhur di pemakaman San Diego Hills, Cikarang, Jawa Barat.

John S. Karamoy bukan lah tokoh asing dalam industri pertambangan migas nasional. Almarhum termasuk sosok aktif di industri hulu migas RI, termasuk dalam memberikan sejumlah saran dan masukan kebijakan kepada pemerintah.

Dia bahkan dijuluki sebagai Oil Man of Indonesia karena kiprahnya di dunia pertambangan migas nasional. Dia pun sudah berpengalaman lebih dari 50 tahun di industri migas ini, salah satunya berperan besar dalam membesarkan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) bersama Arifin Panigoro.

Sebelum mendirikan Medco Energi, pada 1980an John sempat menjabat sebagai Corporate Vice President di Stanvac Indonesia yang kemudian kini bernama ExxonMobil. Beliau merupakan lulusan Teknik Kimia ITB.

Dunia migas sudah menjadi kecintaannya. Almarhum juga termasuk aktif dan sempat menjabat sebagai Direktur Asosiasi Perusahaan Migas Indonesia (Indonesian Petroleum Association/IPA). Terakhir, di saat tutup usia, beliau masih menjabat sebagai Ketua Umum Aspermigas. (ds/sumber CNBC News Indonesia)