Kapal Motor Paus Satu Bakal Kembali Beroperasi Melayani Warga Pulau Sebira Kepulauan Seribu

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 28/Jul/2021 19:08 WIB
Foto:Istimewa/Dok Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu Foto:Istimewa/Dok Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu

KEPULAUAN SERIBU (BeritaTrans.com) - KM Paus Satu akan kembali melayani warga Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu.

Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan (UPAP) Dinas Perhubungan DKI, Hendriko Tampubolon mengatakan, rencana pengoperasian kembali KM Paus Satu itu untuk memfasilitasi warga. 

Pasalnya, Pulau Sebira merupakan wilayah terluar dari DKI Jakarta sehingga membutuhkan kapal untuk membantu mobilitas warga agar bisa beraktivitas maksimal. 

“Dengan beroperasinya KM Paus Satu tentunya akan mempercepat mobilitas warga dan juga dapat meningkatkan perekonomian maupun sektor pariwisata," ujarnya, Senin (26/7/2021). 

Hendriko menambahkan, rencana itu sekaligus menindaklanjuti arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berkunjung ke Pulau Sebira, Kepulauan Seribu pada 30 April 2021. 

Rencana pengoperasian KM Paus Satu yang bisa menampung 80 orang penumpang itu sekaligus untuk menjawab masalah transportasi dari dan menuju ke Pulau Seribu yang masih terbatas.

"Saat ini, warga Pulau Sebira masih mendapatkan pelayanan Kapal Dishub seminggu tiga kali yaitu Senin, Rabu dan Sabtu," ujarnya.

Untuk mewujudkan rencana pengoperasian KM Paus Satu kembali, Hendriko menuturkan, pihaknya mengusulkan pada anggaran perubahan tahun 2021 untuk proses perbaikan. 

“Ini agar KM Paus Satu bisa dioperasikan kembali melayani khususnya warga terjauh di Kepulauan Seribu,” tuturnya.(amt/sumber:wartakota.com)