Truk Bertenaga Hidrogen Hyundai Xcient Siap Mengaspal

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 29/Jul/2021 22:12 WIB
Hyunda Xcient Fuel Cell dilengkapi dengan tangki hidrogen 350-bar 32 kg. Foto: Tempo.co. Hyunda Xcient Fuel Cell dilengkapi dengan tangki hidrogen 350-bar 32 kg. Foto: Tempo.co.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Truk bertenaga hidrogen garapan Hyundai, Xcient siap mengaspal di jalanan California, Amerika Serikat. Truk ini akan menjalani program percontohan selama 12 bulan untuk mengangkut barang di California Selatan.

Melansir laman Autoblog, Kamis, 29 Juli 2021, setelah menjalani program percontohan, rencananya akan ada 30 truk hidrogen akan beroperasi di jalan California mulai 2023 mendatang, khususnya di California Utara.

Baca Juga:
Hyundai Tambah Jaringan Dealer untuk Perkuat Kehadiran di Jabar dan NTT

Nantinya proyek truk hidrogen di California akan dibiayai sebagian besar oleh California Air Resources Board. Sementara seluruh armadanya akan dioperasikan oleh perusahaan swasta, Glovis America.

Hyundai Xcient merupakan truk yang masuk ke dalam kelas 8 atau segmen traktor-trailer. Truk ini ditenagai motor listrik bertenaga 469 hp dan menggunakan tiga paket baterai berdaya 24,4 kWh. Kendaraan ini juga diklaim mampu menjangkau jarak hingga 805 km.

Baca Juga:
Di IIMS 2023, Presiden Kunjungi Hyundai Sustainable Space

Hyundai bukan satu-satunya produsen yang mengembangkan truk bertenaga hidrogen. Pabrikan asal Jerman Nikola dan Iveco juga sedang merancang truk hidrogen yang rencananya akan diluncurkan pada 2023.

Kemudian juga ada GM dan Navistar yang akan meluncurkan truk hidrogen di bawah merek OneH2 pada tahun 2024. Terakhir adalah Volvo dan Daimler Truck yang berencana meluncurkan truk hidrogen pada 2025. (dn/sumber: Tempo.co)

Baca Juga:
Hyundai Ramaikan IIMS di JIEXPO Kemayoran Mulai Besok