Bus Pariwisata di Banyumas Konvoi Kibarkan Bendera Putih, Ini Kata Wabup

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 29/Jul/2021 22:19 WIB
Kru dan pelaku pariwisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengibarkan bendera putih sebagai bentuk keprihatinan atas matinya dunia wisata akibat pandemi Covid-19. Foto: Kompas.com. Kru dan pelaku pariwisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengibarkan bendera putih sebagai bentuk keprihatinan atas matinya dunia wisata akibat pandemi Covid-19. Foto: Kompas.com.

BANYUMAS (BeritaTrans.com) - Wakil Bupati (Wabup) Banyumas, Jawa Tengah, Sadewo Tri Lastiono meminta pelaku wisata dan pengusaha bus pariwisata bersabar.

Pasalnya, hingga saat ini pemerintah belum memberikan lampu hijau terkait pelonggaran kegiatan pariwisata.

Baca Juga:
Ramp Check 118 Bus Pariwisata, Ditjen Hubdat: Hanya 36% Penuhi Persyaratan

"Kita memang lagi prihatin. Sejujurnya ingin membuka (wisata), tapi instruksinya secara vertikal seperti itu (masih melarang)," kata Sadewo kepada wartawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (28/7/2021).

Sadewo menyatakan, pada saatnya nanti Pemkab akan memberikan kelonggaran terhadap kegiatan pariwisata.

Baca Juga:
Bus Rombongan Sekolah di Sidoarjo Kecelakaan di Tol Ngawi, Satu Guru Meninggal

"Tapi memang harus ikuti aturan pusat. Kalau nekat nanti pemkab akan kena sanksi. Ini butuh pengorbanan dan kesadaran masing-masing pihak," ujar Sadewo.

Sadewo mengapresiasi aksi yang dilakukan para pelaku wisata dan pengusaha bus. Hal itu sebagai pengingat pemerintah agar memperhatikan nasib mereka.

Baca Juga:
Bus Pariwisata Rombongan Siswa MTs Asal Serang Terguling di Ciater

Untuk meringankan beban pengusaha, kata Sadewo, pihaknya telah berusaha berkomunikasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perbankan agar memberikan relaksasi kredit kepada pelaku usaha, termasuk sektor wisata.

Diberitakan sebelumnya, pelaku wisata di Kabupaten Banyumas menggelar konvoi keliling kota menggunakan bus pariwisata.

Mereka meminta pemerintah melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dalam video yang beredar, kru bus dan pelaku wisata tampak mengibarkan bendera putih. Selain itu, beberapa bus juga dipasangi bendera putih. (dn/sumber: Kompas.com)