AKSI Ingin Pelantikan 171 Kuwu Terpilih di Indramayu 11 - 12 Agustus 2021

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 30/Jul/2021 20:17 WIB
Asisten Setda I Bidang Pemerintahan, Jajang. (Ist.)  Asisten Setda I Bidang Pemerintahan, Jajang. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Kendati Pemda Indramayu belum menjadwalkan pelantikan 171 kuwu hasil pemilihan kuwu (Pilwu) serentak,  namun Ketua Asosiasi Kuwu Seluruh Indramayu (AKSI) ingin pelantikan kuwu berlangsung pada 11 – 12 Agustus  2021.

Ketua Aksi, H. Tarkani mengemukakan, agenda pelantikan  kuwu terpilih sesuai keinginan AKSI tanggal 11 - 12 Agustus 2021. Pelantikan akan dilaksanakan  secara virtua oleh Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina.

Jadwal pelantikan pada 11 – 12 Agustus 2021 itu ujar H. Tarkani merupakan keinginan AKSI yang sudah disampaikan kepada Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina.

Terkait surat Mendagri yang dijadikan dasar Pemda Kabupaten Indramayu menunda waktu pelantikan 171 kuwu, kata H. Tarkani,  dalam amanat surat tersebut, sebetulnya lebih fokus pada penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Indonesia.

"Coba dilihat lagi surat dari Mendagri itu. Bukan untuk penundaan pelantikan. Melainkan penundaan pemilihan kepala desa atau kuwu serentak. Kalau untuk pelantikan boleh - boleh saja," tandas Kuwu Kebulen terpilih.

Asisten Setda I Bidang Pemerintahan, Jajang menegaskan hingga saat ini masih belum mengagendakan waktu pelantikan kuwu.

Apalagi saat ini surat Mendagri terbaru pada 27 Juli 2021 menjelaskan penundaan Pilkades dan PAW pada masa perpanjangan PPKM Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1.

Meskipun demikian, pihaknya tetap akan melihat kondisi zonasi Kabupaten Indramayu pada akhir PPKM Darurat yaitu tanggal  2 Agustus 2021.

Harapannya terjadi perubahan dari PPKM  Level 3 menjadi Level 2. Oleh karenanya dibutuhkan peran serta masyarakat. 

"Jika pelantikan kuwu dilaksanakan pada 11 - 12 Agustus 2021, kami akan konsultasikan terlebih dahulu ke Kemendagri. Sambil memperhatikan situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Indramayu,” tuturnya. (Taryani)