Kapal Nelayan Terbakar di Perairan Pulau Berhala, 2 ABK Hilang-1 Tewas

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 05/Agu/2021 08:15 WIB
Kapal terbakar di Perairan Pulau Berhala Sumut (dok. Istimewa) Kapal terbakar di Perairan Pulau Berhala Sumut (dok. Istimewa)

SERDANG BEDAGAI (BeritaTrans.com) - Kapal motor penangkap ikan, KM United, terbakar di perairan Pulau Berhala, Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut). Satu anak buah kapal (ABK) tewas dan dua orang dilaporkan hilang. 

"Sebuah kapal motor penangkap ikan bernama KM United rute Pelabuhan Perikanan Belawan menuju Fishing Ground Perairan Pulau Berhala berkapasitas 60 GT terbakar di Perairan Pulau Berhala pada Selasa (3/08)," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, Toto Mulyono seperti dikutip BeritaTrans.com dari Kompas.con, Rabu (4/8/2021). 

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

Kapal tersebut membawa 10 ABK. Dia mengatakan tim SAR masih mencari korban hilang. 

"Diketahui KM United membawa 10 orang ABK yang dimana akibat kejadian tersebut menyebabkan satu orang ABK meninggal dunia dan dua orang lagi masih dinyatakan hilang. Sedangkan tujuh orang lainnya selamat dan pagi tadi sekitar pukul 03.00 WIB telah tiba di Pelabuhan Belawan," ujarnya. 

Baca Juga:
Selama Angleb, ASDP Layani Hingga 4,14 Juta Penumpang di 8 Lintasan

Toto mengatakan proses pemadaman api dibantu ABK dari dua kapal lain yang melintasi perairan itu. Namun, api telanjur membesar dan membuat kapal tersebut karam. 

"Sehingga usaha yang dilakukan tidak membuahkan hasil, akibat kebakaran tersebut KM United karam di lokasi tersebut," ucap Toto. 

Baca Juga:
Inisiatif Green Port, Terminal Teluk Lamong Raih Dua Pengakuan Internasional di Ajang Global Ports Forum

Toto mengatakan korban selamat dan tewas telah dievakuasi oleh kapal yang sempat membantu memadamkan api. Sementara itu, ABK yang hilang sedang dalam pencarian. 

"Tadi sekitar pukul 07.00 WIB, KN SAR Sanjaya bersama 18 orang personel berangkat menuju perairan Pulau Berhala dan hingga saat ini tim masih fokus melakukan pencarian, semoga korban secepatnya bisa diketemukan," jelas Toto.

Berikut data korban selamat:
1. Ilham (51)
2. Abdul Khoir Lase (28)
3. Hotma Pasolian (32)
4. Putra (23)
5. Syahrial (25)
6. Erikson Sitompul (45)
7. Idris Gunawan Harahap (32) 

Korban meninggal :
1. M Ali Simanjuntak 

Korban Hilang :
1. Jhon (nakhoda kapal)
2. Simatupang (ABK)