Indonesia Kedatangan Muatan Kargo Super Raksasa

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 21/Agu/2021 20:43 WIB
Foto:istimewa/dok/detik.com Foto:istimewa/dok/detik.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Muatan kargo terberat dan terbesar selama pengiriman barang di Indonesia datang ke proyek refinery development master plan (RDMP) Balikpapan. Muatan kargo ini berasal dari Ulsan, Korea Selatan.

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Kedatangan Kapal Pesiar MS Viking Orion

PT LV Logistics Indonesia yang melakukan pengiriman menyebut kargo ini jadi yang terbesar dan terberat sepanjang sejarah pengiriman barang di Indonesia. Kargo ini memiliki panjang 40 meter, lebar 17 meter, dan tinggi hingga 16 meter. Sementara berat kargo mencapai 1.400 ton.

Muatan kargo Generator ini untuk proyek RDMP Pertamina Balikpapan yang akan meningkatkan kapasitas produksi kilang dari 260 ribu barel menjadi 360 ribu barel per hari.

Baca Juga:
Pemulangan Jenazah ABK Wafat di Republik Fiji Difasilitasi Kemenhub

Dalam pelaksanaan proyek RDMP Balikpapan sendiri sejumlah perusahaan raksasa dunia seperti Hyundai Engineering Co. Ltd., SK Engineering & Construction Co. Ltd., PT Rekayasa Industri dan PT PP (Persero) Tbk ikut terlibat. PT LV Logistics Indonesia juga menjadi salah satu perusahaan yang terlibat dalam realisasi proyek ini.

LV Logistics Indonesia menyelesaikan seluruh tahapan pekerjaan mulai proses engineering, persiapan dokumen dan formalitas, handling dan load out 3 unit super heavy cargo yang kesemuanya memiliki berat di atas 1.000 ton serta seluruh assesoris dari Mother Vessel ke jetty RDMP, dan dilanjutkan dengan delivery ke laydown area dalam waktu 5 hari.

Baca Juga:
Catat Sejarah, Terminal Teluk Lamong Disinggahi Kapal Curah dengan Draught Terdalam Capai 13,27 Meter

Berat dan dimensi cargo angkutan tersebut merupakan ukuran terbesar dan terberat yang pernah masuk ke Indonesia. Sebelumnya beberapa perusahaan jasa pengangkut disebut belum pernah mengantarkan muatan seberat itu baik yang terkait proyek infrastruktur maupun tambang atau energi.

Direktur PT LV Logistics Indonesia Tito Budisusanto mengatakan pengiriman kargo ini sudah dipersiapkan dengan matang dan kerja sama berbagai pihak.

"Dengan kesuksesan pekerjaan tersebut bangsa Indonesia patut merasa optimis bahwa di masa depan seluruh proyek-proyek besar akan dapat diselesaikan dengan baik oleh anak-anak bangsa Indonesia dengan peralatan yang murni berasal dari local Indonesia," katanya.(amt/sumber:detik.com) 

Tags :