Direktur CIA Temui Taliban di Afghanistan, Ada Apa Gerangan?

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 24/Agu/2021 21:41 WIB
Mullah Abdul Ghani Baradar, pemimpin delegasi Taliban. Mullah Abdul Ghani Baradar, pemimpin delegasi Taliban.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Amerika Joe Biden dikabarkan mengutus Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) William Burns untuk menemui Pemimpin Taliban Abdul Ghani Baradar di Kabul pada Senin kemarin, 23 Agustus 2021. 

Dikutip dari kantor berita Reuters, pertemuan tingkat tinggi tersebut adalah yang pertama dari Amerika sejak Taliban mengambil alih Afghanistan pada 14 Agustus 2021. 

Baca Juga:
Balas Israel, Militan Houthi Serang Kapal AS dan Inggris

Menurut pejabat Pemerintah Amerika yang enggan disebutkan namanya, pertemuan itu berkaitan dengan proses evakuasi warga. Sebagaimana diketahui, kelanjutan proses evakuasi itu tengah dipertanyakan. 

CIA, ketika dimintai keterangan, tidak memberikan tanggapan. Respon serupa diberikan oleh Gedung Putih. 

Baca Juga:
Kapal Diserang Drone Houthi, AS Balas Bombardir Yaman

Per berita ini ditulis, tenggat evakuasi warga dari Afghanistan masih bertahan di tanggal 31 Agustus 2021. Berbagai pihak mendesak Amerika dan sekutu-sekutunya untuk memperpanjang durasi masa evakuasi hingga September karena puluhan ribu warga masih menanti giliran di Bandara Hamid Karzai, Kabil. 

Presiden Amerika Joe Biden menanggapi desakan itu dengan mengatakan perpanjangan durasi masa evakuasi memungkinkan. Walau begitu, Joe Biden berharap perpanjangan itu tidak perlu sampai dilakukan. Oleh karenanya, dirinya terus menggenjot evakuasi warga di Afghanistan. 

Baca Juga:
Amerika dan Inggris Mulai Serang Bandara Internasional Yaman

Sementara itu, Taliban, menyatakan tidak akan menyetujui permohonan apapun perihal memperpanjang durasi masa evakuasi. Namun, untuk saat ini, mereka mengklaim akan membantu proses evakuasi yang sedang berlangsung. Diduga masalah izin dari Taliban ini yang dibawa CIA.