Kabar Baik: Raja Salman Izinkan Warga Indonesia Masuk Arab Saudi Lagi

  • Oleh : Dirham

Kamis, 26/Agu/2021 11:20 WIB
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

RIYYAD (BeritaTrans.com) - Pemerintah Arab Saudi mulai mencabut larangan masuk kepada ekspatriat beberapa negara. Kabar baiknya, Indonesia termasuk dalam daftar itu.

Mengutip Al Arabiya, Indonesia bersama 19 negara lainnya mendapatkan pelonggaran masuk ini. Ke-19 negara lainnya adalah Uni Emirat Arab, Lebanon, Mesir, India, Argentina, Jerman, Amerika Serikat (AS), Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugal, Inggris, Turki, Republik Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, dan Jepang.

Baca Juga:
Sah! Raja Salman Beli Klub Bola Inggris Newcastle United 100%

Duta Besar Saudi untuk Lebanon, Walid al-Bukhari, mengumumkan bahwa instruksi ini dikeluarkan hanya bagi pendatang yang menerima dua dosis vaksin sebelum keberangkatan dari negara-negara tersebut. 
Namun, dalam laporan itu tak disebutkan izin masuk bagi para pendatang yang ingin melaksanakan ibadah umrah, hanya berlaku bagi tenaga kerja asing.

Sebelumnya negara pimpinan Raja Salman bin Abdulaziz itu mengeluarkan pengumuman mengenai vaksin yang diterima sebagai syarat masuk ke negara itu. 

Baca Juga:
Raja Salman Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer dari Amerika

Pemerintah Arab Saudi mengatakan bahwa ada kewajiban vaksin teruntuk pendatang yang akan tiba.

"Wajib telah mendapatkan dua dosis penuh vaksin Covid-19 besutan Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson," kata pernyataan resmi Arab Saudi bulan lalu.

"Selain itu, untuk yang mendapatkan dosis penuh vaksin China (Sinovac atau Sinopharm) diwajibkan menambah suntikan booster dari vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca dan Johnson & Johnson."

Arab Saudi sendiri telah melarang penerbangan asal RI sejak Februari 2021. Negeri kaya minyak itu ketat membendung kasus Covid-19, di antaranya dengan membatasi kuota haji 2021 menjadi 6.000 orang dari biasanya 2 hingga 2,5 juta manusia. (ds/sumber CNBC News Indonesia)